Romanus Woga: Dian yang Terus Menyala

Cahaya yang terus menjadi penuntun bagi masyarakat dan pemerintah dalam aneka pelayanannya. Dia secara sukarela membagikan pengalamannya (share of experience) sebagai anggota DPRD kabupaten Sikka dari Partai Demokrasi Indonesia tahun 1975 sampai 1977.

Seminar-seminar yang dibangunnya adalah sebuah dialektika yang hidup antara teori dan praktek yang membentuk praksis. Para tahun 1982 menjadi Nara Sumber Pertemuan Nasional Program Perumahan System Kopdit oleh Menteri Negara Perumahan Rakyat RI.

Bertempat di Yogyakarta. Tahun 1983 menjadi narasumber untuk pertemuan Interchange Kopdit Asia di Bangkok-Thailand dan tahun 1991 menjadi peserta Forum Kopdit Tingkat Dunia di Wisconsin Amerika Serikat.

Baca juga  Merangkul Bumi (Persembahan untuk Peringatan Hari Bumi, 22 April)

Api dian itu harus terus diisi. Romanus terus belajar untuk memberdayakan diri demi pelayanan yang prima. Berbagai kursus diikutinya. Pada tahun 1994 (Mei) mengikuti Study Banding Kopdit tingkat Asia di Korea Selatan, Taiwan dan Hongkong, di tahun yang sama (1994, bulan Juni) mengikuti Forum Kopdit Tingkat Dunia di Cork – Irlandia-Eropa dan dua tahun sesudahnya, tahun 1996, melakukan Study Mission di Kanada.

Pada Februari 2001, Romanus menjadi Nara Sumber pada Asia Pasific Region Micro Credit Summit Meeting of Councils di New Dehli- India. Bulan September tahun itu menjadi Peserta Asian Credit Union Forum di Kuala Lumpur, Malayasia. Satu tahun kemudian, tahun 2002, menjadi Peserta Workshop on Microfinance di Bangkok-Thailand dan tahun 2003 menjadi Peserta International Fundraising Congress untuk Asia-Pasific di Bangkok-Tahiland.

Baca juga  Jelang Misa Natal, Gereja-gereja Di Ruteng Disteril

Dari tahun 2005 ada begitu banyak kegiatan yang diikutinya. Tahun 2005 menjadi Moderator Temu Nasional Keuangan Mikro Indonesia di Solo -Jateng. Tahun 2006 menjadi peserta Asian Credit Union Forum di Colombo- Sri Lanka. Tahun 2007 mengikuti kegiatan Credit Union Development Education di Tagaytai-Philipina. Tahun 2008 menjadi peserta Forum Credit Union Growing to New Heights di Dhaka- Bangladesh.

Baca juga  Suara yang Terus Menggema (In Memoriam Pius Hamid)

Pada April 2010 Romanus menjadi peserta Midle East-Africa Microcredit Summit di Kenya-Afrika. Sebulan sesudahnya, Mei 2010, terpilih sebagai Ketua Induk Koperasi Kredit Indonesia, Jakarta. Pada September 2010 menjadi Moderator Forum Koperasi Kredit se Asia di Seoul, KoreaSelatan dan di bulan Nopember 2010 menjadi peserta Grand Opening U Tower di Bangkok, Thailand.

Beri rating artikel ini!
Tag: