Carolus Kale Bale, SVD: Pahlawan Kemanusiaan Manggarai

Berpikir Jauh ke Depan

Pater Kale menjadi salah satu tokoh kunci untuk pendidikan tinggi di Manggarai, khususnya dengan kehadiran lembaga Akademi Pendidikan Kateketik (APK) di Ruteng yang kemudian menjadi cikal bakal UKI Santu Paulus Ruteng.

Tatkala tahun 1959 lembaga pendidikan Kateketik hendak dibangun di tanah ulayat orang Tenda, Lingko Tubi, bersamaan dengan itu ada rencana polisi membangun asrama di tempat itu. Dengan sigap P. Kale dan tim kerjanya menjumpai tetua adat di Tenda.

Baca juga  Politik yang Memenangkan Rakyat NTT

Dia meminta ijin untuk membeli tanah itu untuk kepentingan misi. Jadilah demikian, P. Kale membeli tanah-tanah dari pemiliknya masing-masing untuk menjadi tanah misi. Sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Ruteng, P. Kale membantu Mgr. Wilhelmus van Bekkum SVD dalam banyak urusan.

Usaha P. Kale tidak sia-sia. Tanah itu tidak dapat diganggu-gugat oleh siapapun sehingga menjadi tempat yang layak lagi legal untuk di atasnya dibangun rumah pendidikan tinggi yang menampung sebagian anak-anak bumi Manggarai pun Nusantara demi meraih masa depan yang lebih baik.

Baca juga  Koperasi Kredit Itu Berkat

Kelak di kemudian hari, dia tidak hanya memperjuangkan ruang bagi bertumbuhnya generasi-generasi baru anak tanah Nuca Lale, lebih dari itu, dia mengangkat harkat dan martabat anak-anak yang tersingkir karena kehilangan orang tuanya.

Tag: