Dorong Semangat Menulis, KESA Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik

Peserta pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan KESA Jogjakarta. (photo: Oliva Manis).

Floressmart- Dalam rangka mengembangkan bakat dan kemampuan menulis anggotannya, Kelompok Studi Tentang Desa (KESA) menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik.

Pelatihan jurnalistik ini merupakan salah satu program dari Urusan Media dan Publikasi KESA. Pelatihan Jurnalistik ini dilaksanakan pada Sabtu, 9 November 2019 bertempat di ruangan GPN A1, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta dengan tema “Membangun Kreativitas KESA Dalam Dunia Jurnalistik”.

Dalam sambutannya, Kepala Urusan Media dan Publikasi KESA, Oliva Manis, menjelaskan tujuan kegiatan tersebut.

‘”Pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk mendorong anggota KESA agar senantiasa mengembangkan bakat menulis entah itu menulis opini, berita, cerpen ataupun puisi,” kata Oliva.

Ia menambahkan Bidang Media dan Publikasi juga mempunyai program pembuatan bulletin sekali sebulan. Karena itu, pelatihan jurnalistik ini menjadi kesempatan bagi teman-teman untuk mengetahui bagaimana menulis yang baik dan benar.

Baca juga  Pendapat Hukum Pengacara RA Menjerat Eki

“Sehingga, ketika mau menulis di bulletin maupun media massa, anggota KESA tidak mengalami kesulitan,” tambahnya.

Adapun yang menjadi pemateri dalam pelatihan jurnalistik ini adalah Stefani Helmon, mahasiswi Program Magister Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Sanata Dharma.

Stefani dalam kesempatan itu memaparkan poin pelatihan jurnalistik ini yaitu; Teknik Menulis Berita, Teknik Menulis Opini, dan Teknik Menulis Karya Sastra (Puisi dan Cerpen).

“Untuk menjadi penulis handal, kemauan saja tidak cukup, akan tetapi kemauan tersebut mesti ditunjang oleh niat untuk membaca buku sebanyak-banyaknya. Sebab dengan membaca banyak buku, kita akan mendapat pengetahuan yang banyak pula”, terang Stefani Helmon saat pemaparan materi.

Pelatihan jurnalistik ini berjalan dengan sangat menarik. Hal itu terlihat dari semangat anggota KESA dalam memberikan pertanyaan dan informasi kepada pemateri. Kegiatan ini menjadi semakin menarik karena anggota KESA diinstruksikan untuk membuat berita dan opini oleh pemateri. Opini dan berita tersebut dipresentasikan kepada seluruh peserta pelatihan.

Baca juga  Desakan Pemecatan Seluruh Komisioner KPUD Manggarai NTT

Salah satu anggota KESA, Kar Beda, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Urusan Media dan Publikasi ini.

“Saya sangat mengapresiasi program kerja dari Urusan Media dan Publikasi. Walaupun banyak anggota KESA yang tidak menghadiri kegiatan ini, tetapi pada intinya saya ingin menyampaikan bahwa semoga dengan adanya pelatihan jurnalistik ini, kita semakin sadar bahwa pentingnya membaca. Sebab membaca dapat menambah wawasan dan pada gilirannya, kita menuangkan gagasan tersebut dalam sebuah tulisan. Sebab tanpa membaca kita tidak akan mengetahui banyak hal sehingga kita akan kesulitan dalam menulis,” ungkapnya.

Baca juga  Ini Tanggapan Wabup Dan Kadis PU Terkait “Ocehan” Jefri Teping Di Medsos

Sementara Kepala Desa KESA, Esti Yulia Rahmi, mengaku bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membangun dan mengembangkan kreativitas KESA.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pemateri pelatihan jurnalistik yang telah memenuhi undangan dari Urusan Media dan Publikasi KESA. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada anggota KESA yang sudah hadir dalam pelatihan jurnalistik ini. Saya juga mengucapakan terima kasih kepada Urusan Media dan Publikasi yang menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga Urusan Media dan Publikasi tetap semangat dalam menjalankan programnya,” tuturnya.

Dia menambahkan, pelatihan jurnalistik ini merupakan pelatihan yang dilaksanakan berulang kali, karena setiap tahun KESA sering melaksanakan pelatihan jurnalistik.

“Semenjak terbentuknya KESA pada tahun 2014, Pelatihan Jurnalistik selalu mendapat perhatian lebih. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah supaya anggota KESA lebih semangat untuk menulis,” katanya.

Kontibutor: Oliva Manis

Tag: