Pantau Instalasi Air Minum di Desa Nao, Bupati Deno Temukan Pipa Bocor

Bupati Deni Kamelus saat memantau jaringan air minum di Desa Nao (photo : tim Humaspro Manggarai)

Floressmart- Bupati Deno memantau lokasi pembangunan instalasi air minum Wae Mese di Desa Nao Satar Mese Utara pekan lalu, Kamis (7/11).

Dalam pemantauan lokasi ini, Bupati bersama rombongan menemukan beberapa masalah seperti adanya kebocoran air di beberapa titik pipa dan dan jalur menanjak instalasi.

Baca juga  Bupati Deno "Ceramahi" Marsel Ahang Soal Simantri

Menurut Bupati kemiringan pipa juga berpengaruh terhadap aliran air, karena beban elevasi yang besar, apalagi bila debet air kurang. Bupati yang datang bersama Ketua DPRD Manggarai meminta kerja sama PUPR dan PDAM.

“Kunjungan ini dilakukan atas dasar keluhan warga sekitar, akan kesulitan memperoleh air di sini,” kata Deno seperti dilansir Humaspro Kabupaten Manggarai.

Meski melewati jalur terjal dan licin mamun, kondisi tersebut tidak menghalangi rombongan untuk dapat mencapai titik yang ditentukan.

Baca juga  Berkantor di Desa, Bupati Deno Janjikan Listrik PLN Bagi Warga Enam Desa di Reok Barat

Selain menemukan kebocoran pada pipa Bupati Deno juga menyinggung jalur instalasi di lokasi itu yang menanjak.

“Kemiringan pipa juga berpengaruh terhadap aliran air karena beban elevasi yang besar, apalagi bila debet air kurang. Seperti yang ini mungkin salah satu penyebab air kurang lancar elevasinya mungkin kurang pas,” katanya.

Bupati pun meminta tim dari PDAM Ruteng supaya dapat bekerjasama dengan Dinas PUPR dalam menelaah persoalan ini lebih dalam dan mengambil langkah penyelesaian untuk mengatasi masalah yang ada.

Baca juga  Manisnya Ngabuburit Di Pusat Buah Dan Pemancingan Ikan Nanga Woja

Untuk diketahui, instalasi pipa ini merupakan sarana pengaliran air dari Wae Ao, Desa Nao menuju Ibu Kota Kecamatan, Langke Majok, Satar Mese Utara.

Kegiatan Pemantuan Bupati merupakan bagian dari rangkai agenda kunjungan Bupati yang hadir sebagai tamu dalam acara roba kaba, puncak ritus Congko Lokap rumah adat kampung Nao, Desa Golo Lambo, Kecamatan Satar Mese. (js)

Tag: