Paus Fransiskus Angkat Pastor Siprianus Hormat sebagai Uskup Ruteng

Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat ( foto: istimewa)

Floressmart- Paus Fransiskus mengangkat Pastor Siprianus Hormat, Pr sebagai Uskup Ruteng yang baru. Penetapan Mgr. Siprianus tertuang dalam Surat Keputusan Duta Vatikan untuk Indonesia, Monsinyur Piero Pioppo.

Terpilihnya Mgr. Siprianus sebagai Uskup diumumkan secara resmi di Gereja Katedral Ruteng Rabu malam 13 November 2019 oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Ruteng, RD. Alfons Segar.

Seperti disaksikan, Bulla Kepausan atau Keputusan Paus yang ditandatangani Duta Vatikan ini dibacakan di atas Altar Gereja.
Tepuk tangan dan sorak-sorai umat bergemuruh persis ketika Pastor Alfons menyebut nama Mgr. Siprianus sebagai Uskup Ruteng yang baru.

Baca juga  Pelaku Utama Pembunuhan Idris Ditangkap Di Aimere

“Saya seijin yang mulia Administratur Apostolik Keuskupan Ruteng, Mgr. Silvester San menyampaikan dan mengumumkan pengangkatan Uskup Ruteng yang baru Mgr. Siprianus Hormat berdasarkan Surat Keputusan Duta Vatikan tertanggal 13 November 2019,” ucap Vikjen Alfons lalu meninggalkan mimbar katedral.

Proses sejak 2018

Pastor Alfons Segar usai pembacaan Surat Keputusan Duta Vatikan menjelaskan penjajakan calon uskup diproses dari tahun 2018 lalu.

Baca juga  Ayah Bejat, Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil Di Manggarai Timur

“Proses penjajakan sangat rahasia, tapi dari awal tahun 2018 melibatkan imam-imam Gereja Katolik,” katanya.

Pastor Alfons yang merupakan hierarki keuskupan bahkan mengaku tidak mengetahui siapa saja imam yang diusulkan ke Paus Fransiskus.

“Kalau nama-nama kita tidak tahu, itu sudah kewengan Duta Besar Vatikan, pejabat yang dipercayakan Bapa Suci (Paus) untuk mengusulkan calon Paus ke Vatikan,” ujarnya.

Tahbisan episkopat Uskup Mgr. Siprianus Hormat menurut Vikjen Alfons dilaksanakan tiga bulan setelah tanggal pengangkatan.

Baca juga  Menteri Koperasi Resmikan Gedung Kopkardios, Gubernur Lebu Raya Daftar Jadi Anggota

“Pelantikan Uskup biasanya tiga bulan setelah pengangkatan oleh Bapa Suci. Saat ini hingga acara pelantikan uskup baru, Keuskupan Ruteng masih dipimpin Mgr. Silvester San selaku Adminstratur Apostolik,” katanya.

Mgr. Siprianus Hormat lahir di Kecamatan Cibal Manggarai Flores pada 16 Juli 1966. Sebelum diangkat jadi Uskup ia menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif KWI (Konferensi Waligereja Indonesia) sejak November 2016.

Seperti diberitakan, tapuk pimpinan Keuskupan Ruteng sejak Oktober 2017 dipegang Mgr. Silevester San sebagai Administratur Apostolik Keuskupan Ruteng. Uskup Denpasar ini menggantikan Uskup Hubert Leteng yang mengundurkan diri. (js)