Bupati Deno Kamelus di Festival Ranaka: Pariwisata Prime Mover Ekonomi

Bupati Deno Kamelus memberi sambutan di acara Festival Songke dan Ranaka. (Photo : tim humaspro Manggarai).

Floressmart- Bupati Manggarai Deno Kamelus mengatakan, pariwisata adalah prime mover yang akan memberi manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat. Masyarakat memegang peran penting dalam melakukan dukungan konkret dalam pengembangan pariwisata.

“Bahkan dampak ekonomi dari pariwisata melebihi nilai ekspor,” kata Deno Kamelus saat menghadiri pergelaran Festival Songke dan Ranaka, di pelataran Mbaru Wunut, Ruteng, Sabtu (23/11).

Baca juga  Pantau Instalasi Air Minum di Desa Nao, Bupati Deno Temukan Pipa Bocor

Dalam sambutannya, Deno menyampaikan bahwa festival seni dan kreasi akan selalu dikaitkan dengan pariwisata. Deno janji akan menambah kegiatan festival pariwisata tahun depan.

“Bahwa, pergelaran festival ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata. Pariwisata adalah prime mover yang akan memberi manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat. Dalam rangka menyukseskan cita-cita ini perhatian pertama yang  perlu ditingkatkan adalah aksesibilitas menuju objek wisata,” cetusnya.

Baca juga  Bupati Deno "Ceramahi" Marsel Ahang Soal Simantri

Festival Songke dan Ranaka ini, diisi dengan berbagai kegiatan antara lain, kerja bakti membersihkan jalur pendakian Ranaka, lomba hiking, lomba selfie di puncak Ranaka, dan ditutup dengan malam puncak festival di pelataran Mbaru Wunut.

Bupati Manggarai Deno Kamelus menggagas salah satu perlombaan yang menjadi bagian dari rangkaian festival ini adalah lomba menciptakan lagu Gunung Ranaka sebagai salah wadah menyalurkan kreativitas anak-anak muda Manggarai.

Baca juga  Bermain Grafiti, Mewarnai Wajah Kota Ruteng

Festival ini yang diselenggarakan Pemkab Manggarai ini bekerjasama dengan Lembaga Komunitas Ca Nai yang merupakan himpunan dari komunitas orang muda di Ruteng. (js)

Tag: