Tidak Hanya ASN, Guru Komite di Manggarai Juga Dapat Tambahan Penghasilan

Bupati Deno Kamelus usai mengkuti upacara Hari Guru, Senin 25 November 2019 (photo : floressmart).

Floressmart- Pemerintah Kabupaten Manggarai mengalokasikan Tambahan Penghasilan (tamsil) pegawai pada tahun 2020. Tidak hanya PNS, pegawai honorer dan THL, tamsil juga diberikan kepada guru-guru komite baik SD maupun SMP.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas PPO Manggarai, jumlah guru komite yang mengabdi di 254 SD dan 80 SMP hingga tahun 2019 berjumlah 2.781 dengan rincian, sebanyak 1.811 orang telah menerima tambahan  penghasilan sementara 970 sisanya dipastikan mendapat tamsil pada tahun 2020.

Baca juga  Diserang JPIC,Ini Komentar Viktor Madur

“Mungkin untuk teman-teman (guru komite) yang sudah dapat tambahan penghasilan sejak 2015 dan 2016 karena sudah dua kali kenaikan untuk mereka, kami mungkin kali ini bisa prioritas dulu kepada mereka yang belum dapat,” kata Bupati Deno Kamelus kepada floressmart usai upacara Hari Guru, Senen 25 November 2019.

Dijelaskan Deno Kamelus, tamsil diberikan sesuai keadaan fiskal daerah. Saat ini  tambahan penghasilan untuk guru komite sebesar Rp550 ribu rupiah per orang bersumber dari APBD II dan pada tahun 2020 dianggarkan lagi untuk 970 orang guru komite termasuk para operator komputer.

Baca juga  Terlibat Politik Uang PNS di Manggarai Timur Jadi Tersangka

“Setiap tahun tentu saya selalu melihat postur APBD kalau ada tambahan penghasilan atau ada tambahan pemasukan pasti kita akan perhatikan misalnya tahun 2020 kita ada dapat DID (Dana Insentif Daerah) Rp39 miliar, dari angka itu kemudian saya mencoba alokasikan juga untuk guru-guru komite,” katanya.

“Kita sesuaikan kemampuan keuangannya karena saya kira para guru juga tahu bahwa APBD kita yang sangat terbatas tapi dari keterbatasan itu kita harus mampu mengalokasikannya sesuai dengan kebutuhan mana untuk masyarakat termasuk belanja pegawai dan seterusnya,” kata Deno menambahkan.

Baca juga  SMA St Maria Iteng Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Disampaikan Bupati Deno, tamsil untuk guru komite sebagai salah satu bentuk penghargaan khusus dari pemerintah di tengah keterbatasan anggaran.

“Saya tentu berharap dengan keterbatasan seperti itu tidak mengurangi semangat mereka untuk memberi yang terbaik bagi Manggarai ini terutama bagi pendidikan.Nanti kita lihat lagi tahun berikutnya kalau seandainya ada cukup APBD kita pemasukan cukup maka saya kira kita akan beri perhatian kepada mereka lagi,” imbuhnya. (js)

Tag: