Mendekatkan Pelayanan, Kopkardios Buka Cabang di Borong

Peresmian Kantor Kopkardios di Borong (Photo: floressmart).

Floressmart- Demi mendekatkan pelayanan kepada anggotanya, Koperasi Kredit (Kopdit) Kopkardios membuka kantor cabang di Borong Manggarai Timur.

Kantor Kopkardios dibuka secara resmi pada Senin 25 November 2019. Ritus adat Tuak Curu dan Manuk Kapu dihelat ketika menyambut bupati dan rombongan yang tiba pukul 09.00 WITA. 

Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas datang bersama Wakil Bupati Stef Jaghur dan kepala dinas Perindagkop Frans Malas. 

Acara ini menghandirkan utusan dari anggota Kopkardios di Borong, para koordinator TPK Kopkardios, tokoh masyarakat dan warga tiga KBG di sekitar kantor. 

“Kami berterima kasih karena undangan kami direspons secara positif sehingga jumlah yang kami harapkan tercapai”, kata Damasus Agas, Ketua Panitia acara itu.

Ketua KSP Kopkardios, Kanisius Teobaldus Deki dalam smbutan menyatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan Kopdit Kopkardios terus meningkat, baik dari sisi pertambahan anggota, modal maupun usaha. 

“Itulah alasannya mengapa kami membuka kantor cabang di Borong. Per 31 Desember 2018, jumlah anggota Kopdit Kopkardios di Manggarai Timur sebanyak 3.293 orang atau menyumbang 29,63% bagi total anggota Kopkardios. Angka ini terus bertambah. Per 31 Oktober 2019, terdapat penambahan 317 orang anggota baru sehingga total anggota Manggarai Timur sebanyak 3.597 orang. Demikian juga permodalan dan usaha terus mengalami kenaikan signifikan,” papar Deki sembari menjelaskan bahwa anggota Kopkardios ada dalam 10 paroki atau 7 wilayah kecamatan.

Kemudian, perwakilan Pusat Koperasi Kredit Manggarai (Puskopdit), Penga Kornelis dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertumbuhan Kopkardios sangat cepat. Hal itu menjadi sebuah kebanggaan. 

“Apalagi Kopkardios hanya mengandalkan kekuatan modal sendiri dalam menjalankan usahanya. Itu berarti pertumbuhan lembaga ini sehat. Anggotanya aktif sehingga jargon dari, oleh dan untuk anggota menjadi tepat,” ujarnya. 

Kendati demikian, Kornelis tetap berharap agar lembaga ini juga membantu lembaga primer lain agar bertumbuh bersama membangun kesejahteraan.

Hal serupa diungkapkan Ketua PSE Keuskupan Ruteng, Rm. Robert Pelita Pr. Dikatakan Pastor Robert, kemajuan Kopdit Kopkardios merupakan sebuah syukur sekaligus tantangan. 

“Kita dihadapkan dengan pilihan untuk terus menerus berusaha sehingga lembaga ini lebih maksimal melayani anggotanya,” sebut Rm. Robert.

Sementara itu, Vikep Borong, Rm. Simon Nama Pr menyampaikan terima kasih bahwa lembaga yang didirikannya terus bertumbuh dan berkembang. 

“Saya selalu memonitor perkembangan Kopkardios. Sampai sejauh ini lembaga ini berjalan dengan baik dan kinerjanya maksimal. Saya berterima kasih kepada Pengurus yang telah melebarkan sayap pelayanannya ke Borong. Untuk mempertahankan kinerja keuangan dan usaha, hendaklah lembaga ini professional dan mematok standar-standar manajemen modern sehingga segala tujuannya tercapai,” demikian Vikep Borong berharap.

Seperti dipantau, acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh bupati Manggarai Timur.

Bupati Adreas Agas mengaku bangga dengan lembaga keuangan mikro ini. Sebagai anggota ia terus memantau dan ikut aktif dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopkardios. 

“Tahun 2010 saat saya masih menjabat sebagai wakil bupati, bersama Romo Simon, kami melakukan sosialisasi di Nanga Lanang. Pada saat itu, untuk memotivasi anggota saya langsung mendaftarkan diri. Saat ini di paroki Nanga Lanang terdapat 707 orang anggota. Mari kita bangun kekuatan agar lembaga ini membesarkan usaha anggota sekaligus bersama Kopdit lain membangun usaha di sektor ril, misalnya membangun SPBU. Masih banyak wilayah yang membutuhkan SPBU di Manggarai Timur,” ujarnya.

Acara pengresmian kantor dilanjutkan dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Vikep Borong, Rm. Simon Nama Pr dan didampingi oleh lima imam. Ekspresi syukur penuh kegembiraan terlihat jelas dalam semua peserta yang hadir.

“Kami akan menjadi anggota dan saya sudah menghubungi 6 calon anggota baru”, kata Hyro Nawang, salah satu undangan yang hadir.

Beberapa tokoh masyarakat hadir dan sekitar 150 orang dalam acara ini, yang kemudian ditutup dengan santap siang bersama.(js)

Baca juga  Pemerhati Pemuda Itu Telah Pergi (Obituari untuk Rufinus Lahur)
Tag: