Bupati Manggarai Barat Lantik 5 Pejabat Eselon II

Lima orang pejabat eselon IIB di Mabar saat mengucap sumpah jabatan, Senin 9 Desember 2019. (Photo: floressmart)

Floressmart- Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula melantik enam orang pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon 2B), Senin 9 Desember 2019.

Acara pelantikan yang dilangsungkan di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat dihadiri Ketua DPRD Manggarai Barat, Edistasius Endi, para pimpinan OPD dan keluarga para pejabat yang dilantik dan disaksikan saksi PNS dan rohaniwan pendamping.

Dalam Surat Keputusan Bupati Nomor : BKPPD.821/442/XI/2019 yang dibacakan sebelum pengambilan sumpah jabaatan menyatakan bahwa mereka yang dilantik merupakan pejabat eselon IIIB yang telah melewati proses seleksi terbuka yang dilakukan oleh panitia seleksi dan tim asesor sesuai dengan amanat undang-undang ASN khususnya dalam pasal 108 ayat 4 dan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2000 17 tentang manajemen pegawai negeri sipil khususnya dalam pasal 110 ayat 4 yang menegaskan bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif.

Baca juga  Tim Terpadu KLHK ke Komodo Disambut Aksi Unjuk Rasa

Adapun pejabat yang dilantik yakni: Siprianus Adi Rambu, yang sebelumnya Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Manggarai Barat dilantik sebagai Stat Ahli Bupat Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan.

Fransiskus Xaverius Syukur, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Manggarai Barat dilantik menjadi Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Manggaral Barat.

Kemudian, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Maria Alosia Malung Daduk dilantik menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga  Mimpi Dua Anak Manggarai Jadi Divemaster

Selanjutnya, Sekretaris Satuan Polisi
Pamong Praja Kabupaten Manggarai Barat, Stefanus Salut diangkat menjadi Kasat Pol PP Manggarai Barat.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata, Theresia Primadona Asmon dilantik menjadi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Manggarai Barat.

Terakhir, Paulus Mami yang sebelumnya Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan menjadi Kepala Dinas Kesehatan.

Bupati Agustinus Ch Dula dalam sambutan menegaskan bahwa pelantikan pejabat tinggi pratama merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan manajemen PNS yaitu pengembangan karir melalui promosi ke jenjang jabatan yang lebih tinggi.

“Pengembangan karier PNS dapat dipandang sebagai hak bagi PNS tetapi hak yang dimaksudkan tidak semata-mata untuk mengangkat PNS dalam jabatan tanpa sebuah penilaian akan tetapi pengembangan karir PNS harus melalui sebuah penilaian terhadap kualifikasi pendidikan, kompetensi dan penilaian kinerja,” kata Bupati Dula.

Baca juga  Andri Garu : Lucu Kalau Gubernur Lawan Perintah Mendagri

Kepada para pejabat yang telah mengucap sumpah janji jabatan ia berpesan agar mampu melaksanakan visi misi Bupati dan Wakil Bupati.

“Momentum pelantikan hari ini bukan sebagai formalitas pengisian jabatan saja dan pendistribusian jabatan semata tetapi harus dimaknai sebagai tugas dan tanggung jawab baru dalam mendukung visi dan misi Bupati menuju masyarakat Manggarai Barat yang maju dan sejahtera,” katanya.

“Selamat, kepada saudara-saudari pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Manggarai Barat yang baru saja dilantik kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara di pundak saudara-saudara sekalian benar-benar dijalankan dengan penuh perhatian penuh komitmen dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi,” harapnya. (js)

Tag: