Bawaslu Mabar Siap Laksanakan Tes Panwascam

Ketua Bawaslu Manggarai Barat, Simeon Sofan Sofian (photo: floressmart).

Floressmart- Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat merekrut tenaga pengawas kecamatan (Panwascam) untuk kebutuhan Pilkada serentak 2020.

Ketua Bawaslu Mabar, Simeon Sofan Sofian mengatakan, pendaftaran tenaga adhoc telah  selesai dan pihaknya siap melaksanakans ujian tertulis secara online yang dilakanakan pada 13 Desember 2019.
“Soal ujian disusun langsung oleh Bawaslu RI dan pelaksanaan ujian secara online bertempat di ruang laboratorium SMKN 1 Komodo,” ujarnya.
Pria yang biasa dipanggil Iwan Kirim ini mengatakan, jumlah pelamar seluruhnya 134 orang sementara yang dibutuhkan 36 orang yang nantinya akan ditugaskan di 12 kecamatan di Mabar. Setiap kecamatan lanjutnya ditempatkan masing-masing 3 orang panwascam.
“Teman-teman yang daftar harus baca banyak karena persaingannya ketat. Para pelamar yang telah menyerahkan berkas berijazah SMA, S1 hingga S2,” katanya.
Adapun jadwal pelantikan tenaga panwascam terpilih akan dilaksanakan pada 21 Desember 2019.
“Ujian tertulis dilanjutkan dengan tes wawancara langsung oleh kita komisioner (Bawaslu). Kelulusan ditentukan berdasarkan akumulasi nilai tes tertulis dan wawancara. Mereka yang diterima akan dilantik pada akhir Desember ,” imbuhnya.
Dijelaskan, panwascam diawal penugasan mereka yakni mengawasi pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) oleh KPU serta mengawasi semua tahapan pilkada.
“Januari 2020 nanti ada pembentukan PPK itu diawasi oleh teman-teman panwascam kemudian di bulan itu mulai dengam tahapan calon perseorangan,” imbuhnya.
Selain tugas-tugas pengawasan, panwascam juga akan membentuk sekertariat di kecamatan masing-masing. Panwascam yang direkrut akan bertugas selama 11 bulan hingga November 2020.(js)
Baca juga  Uskup Siprianus Ditahbiskan pada 19 Maret 2020, Panitia Siapkan Dana Rp1,4 M
Beri rating artikel ini!
Tag: