Penetapan APBD 2020 Paling Cepat dalam Sejarah Kabupaten Manggarai Barat

Suasana sidang di Ruang Paripurna DPRD Manggarai Barat saat penetapan APBD 2020

Paling cepat dalam sejarah Mabar

Lebih lanjut Bupati Dula menerangkan, penetapan APBD 2020 ini paling cepat dalam sejarah pembentukan Kabupaten Manggarai Barat yang pada bulan Februari 2020 nanti berusia 17 tahun.

“Bagi saya ini mengejutkan, terlebih bagi saya sebagai Bupati Manggarai Barat selama dua periode. Penetapan APBD di bawah 3 (tiga) pimpinan DPRD ini antara lain, Pak Edi, Pak Darius dan Pak Marsel, serta seluruh anggota DPRD Periode 2019-2024 ini, sangat luar biasa,” imbuhnya.

Baca juga  Banyak yang Tidak Mengerti Manajemen Dana Desa

Apresiasi DPRD

Sementara itu, Ketua DPRD Manggarai Barat, Editasius Endi, SE., menjelasan proses penetapan APBD Kabupaten Manggarai Barat tahun 2020 yang sudah selesai merupakan kerjasama positif yang telah dibangun kedua belah pihak baik DPRD maupun Pemerintah Daerah.

“Proses yang sudah berjalan merupakan kerjasama positif antara Pemerintah Daerah dan DPRD. Pembahasan yang berangsung kali ini berlangsung konsisten, mulai dari Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) sampai pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD). Karena Rencana Kerja Pembangunan Daerah, adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 tahun. RKPD disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan, dan Pengawasan,” urai Endi.

Baca juga  Ada Jabatan Lowong, Penjabat Sekda Manggarai : Segera Diisi

“Apa yang dilakukan telah sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri dan Instruksi Gubernur Nusa Tenggara Timur Bapak Viktor Bungtilu Laiskodat,” tambahnya.

Untuk diketahui, dari 8 Fraksi yang ada di DPRD Manggarai Barat, semuanya menyatakan setuju dengan penetapan Rancangan Perda APBD tahun 2020 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah mengenai APBD Kabupaten Manggarai Barat pada tahun 2020. (Advetorial Humaspro Manggarai Barat)

Baca juga  Prapaskah dan Prapemilihan Menyonsong “Kebebasan dan Keselamatan”
Tag: