Kesan yang Melekat pada Deno Kamelus Tentang Christian Rotok

Christian Rotok ketika menerima kunjungan Bupati Deno Kamelus (photo : floressmart)

Floressmart- Bupati Manggarai, Deno Kamelus bertemu Christian Rotok di kediaman Christian di Jalan Soekarno 17 Ruteng, Jumat 27 Desember 2019.

Deno datang bersama Wakil Bupati Viktor Madur dan Bupati periode 2000-2005 Anton Bagul. Kedatangan tiga tokoh ini diterima oleh Christian Rotok bersama istri Hendrika Rotok.

Perbincangan para tokoh ini begitu cair setelah sekian lama tidak berjumpa. Bahkan Christian Rotok sempat berkelakar soal Viktor Madur yang pernah mengutarakan niat maju sebagai calon bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati Deno Kamelus dalam bahasa Manggarai meminta restu ke Christian sebab ia dan Wabup Viktor Madur kembali maju pada pilkada 2020 mendatang.

Diungkapkan Deno, hal serupa juga pernah ia lakukan pada Pilkada 2015 lalu ketika ia dan Viktor Madur menyatakan diri maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati.

Baca juga  Ini Komposisi “Kabinet” Deno-Madur

Di mata Deno, Christian Rotok adalah tokoh yang membesarkan namanya. Dan dalam pertemuan itu baik Christian Rotok maupun Deno Kamelus lebih banyak berbincang tentang masa lalu mereka di Kupang hingga memimpin Manggarai dua periode (2005-2015).

“Kalau tak ada Kaka Kris (Christian Rotok) saya tidak mungkin berada pada titik ini,” kata Deno dengan mata berkaca.

Bagi Deno, menjadi Bupati dan Wakil Bupati selama dua periode bukanlah perkara mudah . Tensi menjalankan roda pemerintahan menurut Deno, sangat berpotensi terjadinya selisih paham.

“Namun Pak Kris (Christian Rotok) sangat pandai mengelola emosional sehingga kami selalu solid hingga akhir masa jabatan dua periode, saya wakil dan Pak Kris Bupati,” tuturnya.

Diceritakan Deno, pada perhelatan pilkada 2015 lalu peran Christian sangat mempengaruhi kemenangan yang diraih duet Deno Kamelus- Viktor Madur dan pada suksesi Pilkada 2020 ia juga sangat membutuhkan peran Christian.

Baca juga  SAKIP 2019, Kabupaten Manggarai Dapat Predikat B dari Kementerian PAN RB

“Saya dan Pak Viktor tentu tidak bisa melupakan jasa-jasa Pak Kris dan pada Pilkada kami sangat membutuhkan beliau,” imbuhnya.

Tepis kabar perpecahan

Isu merenggangnya hubungan antara Christian Rotok dan Deno Kamelus menyeruak di medio 2019. Entah apa sebabnya masih sebatas spekualasi.

Namun perjumpaan keduanya pada Jumat siang sekaligus menepis isu keretakan. Deno Kamelus pun menegaskan, ia dan Christian baik-baik saja.

“Jika ada isu saya dengan Pak Kris punya hubungan tidak baik itu hoax, karena saya sendiri tidak ada salah ke beliau demikian beliau tak ada masalah dengan saya,” ucapnya diamini oleh Christian.

Lebih jauh, Deno mengungkapkan bahwa nama Christian Rotok tetap menjadi orang yang paling berjasa dalam perjalanan hidupnya.

Baca juga  Figur Populer Tapi Mau Jadi Cawagub, Ini Penjelasan Chris Rotok

“Bagi saya Pak Kris sebagai penyalur berkat bagi keluarga saya dan tidak melupakan jasa baik beliau,” tambahnya.

Christian Rotok dalam kesempatan itu memang mengaku seolah-olah ada gap yang memisahkan dia dan Deno hari-hari belakangan ini namun Christian sendiri tidak gamblang apa sebabnya.

“Seolah-olah ada tembok antara saya dan Pak Kamelus tapi saya juga tidak tahu sebabnya apa. Tapi hari ini hati saya plong, Pak Kamelus sudah datang mengunjungi saya,” kata Christian Rotok ke awak media.

Ketika ditanyai apa sikapnya terhadap permintaan dukungan politik yang disampaikan Deno Kamelus kepadanya, Christian enggan bicara gamblang.

“Sudah saya sampaikan tadi, kalau politik itu orang banyak, tapi kalau soal hubungan ase ka’e (adik dan kakak), saya dengan Pak Kamelus akan baik-baik saja sampai kapan pun,” ujar Rotok. (js)

Tag: