Meski Hujan, Penyambutan Uskup Sipri di Ruteng Berlangsung Meriah

Mgr. Siprianus Hormat tiba di Ruteng. ( Photo : floressmart).

Floressmart- Monsinyur Siprianus Hormat tiba di Ruteng hari ini. Sehari sebelumnya uskup juga diterima secara besar-besaran di Labuan Bajo Manggarai Barat.

Sabtu siang, 29 Februari 2020, Kota Ruteng diguyur hujan lebat bahkan cuaca tak bersahabat terjadi sejak. Namun antusias umat Katolik di kota dingin tak kendor demi menyambut uskup baru mereka. Mereka memilih bertahan di pinggir jalan untuk melihat dari dekat wajah ‘sang gembala’.

Baca juga  Tiga Bangunan di Pau Ruteng Hancur Diterjang Angin Kencang

Jalanan dari Mena menuju Istana Keuskupan Ruteng dibikin pagar betis melibatkan anak-anak sekolah. Uskup Sipri yang dipayungi di atas kendaraan bak terbuka terus melambaikan tangan menyalami umat yang berteriak memanggil namanya.

Seperti dipantau, mantan Sekretaris Eksekutif Kongres Wali Gereja Indonesia (KWI) ini disambut dengan ritual adat Curu ( penyambutan) di Mena sebagai pintu masuk kota juga ritus Kapu di gerbang keuskupan. Monsinyur kemudian diantar ke dalam Istana Keuskupan Ruteng dibawah tari-tarian dan nyanyian adat.

Uskup Siprianus Hormat tiba di Istana Keuskupan Ruteng.

Tiba Jalan Motang Rua, persis di depan kantor bupati, rombongan uskup kemudian diarak dengan marching band menuju keuskupan, lagi-lagi iring-iringan kendaraan uskup bergerak di bawah guyuran hujan.

Baca juga  Sejumlah Pastor Siap "Tanggalkan" Jubah, Ini Tanggapan Uskup Ruteng

Acara penjemputan Monsinyur Siparianus dipimpin oleh Bupati Manggarai Deno Kamelus didampingi Wakil Bupati Viktor Madur,unsur Forkopimda dan utusan jajaran pemerintahan Manggarai Timur dan Manggarai Barat.

Hadir dalam rombongan Uskup Siprianus antara lain, Administratur Apostolik Mgr. Silvester, Uskup Emeretus Mikhael Kosmas Angkur, OFM serta sejumlah petinggi Kongres Wali Gereja Indonesia.

Mgr. Siprianus Hormat merupakan Uskup Dioses Ruteng kelima menggantikan Emeretus Hubertus Leteng yang mundur pada 11 Oktober 2017. Namanya diumumkan sebagai uskup baru oleh Vatikan pada 13 November 2019.

Baca juga  Ada Kebakaran Di Kantor Pengadilan Negeri Ruteng

Uskup yang lahir di Kecamatan Cibal pada 16 Juli tahun 1966 ini akan menerima pentahbisan uskup pada 19 Maret 2020 mendatang di Gereja Katedral Ruteng. (js).

Tag: