Mgr.Siprianus Hormat Ditahbiskan Jadi Uskup Ruteng

Prosesi pentahbisan Uskup Ruteng, Mgr. Silvester San, Kamis 19 Maret 2020 (Photo : Komsos).

Floressmart- Mgr. Siprianus Hormat resmi menjadi Uskup Ruteng melalui misa pentahbisan yang dipimpin Kardinal Ignasius Suharyo, di Gereja Katedral Ruteng, Kamis 19 Maret 2020.

Prosesi pentahbisan diawali dengan pembacaan surat keputusan Vatikan tentang pengangkatan Mgr. Siprianus Hormat.

Ribuan umat yang menghadiri misa konsekrasi ini larut dalam agungnya pentahbisan saat menyaksikan episkopat mencium tanah, menerima pengurapan, pemakaian mitra dan tongkat uskup.

Baca juga  Kardinal ke Mgr. Siprianus : Jadilah 'Dirigen' yang Mempersatukan dalam Perutusan

Mgr. Siprianus kemudian menuju chaterdra atau kursi uskup diikuti menerima salam dari puluhan uskup yang hadir. Monsinyur Siprianus yang resmi menjadi uskup, kemudian lanjutkan sisa perayaan ekaristi. Dipenghujung misa, umat Katolik menerima pemberkatan perdana dari Mgr. Siprianus.

Hadir dalam misa pentahbisan ini, anggota DPR RI, Benny K Harman dan sejumlah pejabat daerah antara lain Bupati Manggarai Deno Kamelus, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula serta para bupati dari berbagai daerah di NTT.

Baca juga  Gubernur dan Uskup Ruteng Diskusi Empat Mata Bahas Pembangunan dan Moratorium Tambang

Ukur suhu tubuh dan cuci tangan sebelum masuk gereja

Mewabahnya Covid-19 atau virus corona membuat panitia pentahbisan mengeluarkan imbauan resmi melalui surat gembala untuk mencegahan penyebaran corona yakni mengukur suhu tubuh dan cuci tangan dengan disinfektan serta menggunakan masker dan tidak boleh bersalaman. Ini berlaku bagi semua yang hadir dalam pentahbisan Mgr. Siprianus Hormat.

Baca juga  Membangun Persatuan Ekologis Mengakar Pada Budaya Lokal

Seperti dipantau, pengukuran suhu tubuh untuk para uskup dilakukan di halam Pusat pastoral. Kardinal Ignatius Suharyo termasuk Mgr. Siprianus juga melakoni protab yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai ini.

Pengukuran suhu tubuh melibatkan 35 orang petugas medis. Umat pun sama dilakukan pemeriksaan di setiap pintu masuk gereja. (js)

Tag: