Rumah Sakit Tipe D akan Dibangun di Watu Nggong

Bupati matim Agas Andreas meinjau lokasi pembanguna rumah sakit tipe D dan Puskesmas Afirmasi di Watu Nggong. (photo : protokol Matim)

Floressmart- Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur pada tahun 2021 mendatang membangun Puskesmas afirmasi dan rumah sakit tipe D di Kecamatan Sambi Rampas. Lokasinya tak jauh dari Gereja Paroki St.Eduardus Watu Nggong.

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas bersama jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) ketika datang meninjau lokasi juga ikut dalam pengukuran lahan yang berada di Desa Satar Nawang ini.

Baca juga  Sikap Patriotik Vicktor Laiskodat Membela Negara dengan Cara Cerdas dan Sederhana

“Sudah diukur tadi luasnya 3,1 hektar,” kata Bupati Agas kepada wartawan usai pengukuran lokasi, Selasa 1 April 2020.

Bupati Agas juga mengonfimasi bahwa selain Kecamatan Sambi Rampas, Puskesmas afirmasi juga dibangun di Kecamatan Lamba Leda yakni Puskesmas Afirmasi Dampek serta Puskesmas Afirmasi  Mano di Kecamatan Poco Ranaka.

“Kabupaten Manggarai Timur tahun ini mendapat jatah tiga Puskesmas afirmasi yang akan dibangun di Watu Nggong, Mano dan Dampek.” ujarnya.

Baca juga  KPK Keren, KPK Kuat dan KPK Tetap Independen, Berani Tersangkakan Setya Novanto dalam Kasus e-KTP

Kesiapan lahan

Dijelaskan Bupati Agas Andreas, salah satu syarat untuk membangun sebuah Rumah Sakit tipe D adalah luas lahan yang disiapkan adalah 3-5 hektare, termasuk di dalamnya untuk pembangunan Puskesmas afirmasi.

“Hari ini kami (Pemda) membutuhkan luas lahan yang pasti, karena di situ kita akan membangun dua fasilitas kesehatan yaitu puskesmas afirmasi dan rumah sakit tipe D” imbuhnya.

Baca juga  Tidak Menemukan Timah, Lalu Mission Sacra

Dia menambahkan, lahan yang disiapkan harus bersertifikat untuk mencegah timbulnya masalah di kemudian hari.

“Kalau sertifikat sudah ada paling lambat di bulan Agustus kita sudah usulkan ke Jakarta. Hal ini juga sudah dikomunikasikan dengan DPR dan rencana pembangunan ini tidak boleh gagal,” katanya

Bupati Agas menekankan bahwa tujuan pembangunan sarana kesehatan adalah untuk pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Manggarai Timur. Karenanya lanut dia, diperlukan kerja sama semua pihak untuk mewujudkan pembangunan Puskesmas Afirmasidan rumah sakit tipe D di Watu Nggong pada tahun 2021 mendatang. (js)

Beri rating artikel ini!
Tag: