Cegah Imbas Covid-19, Kapolres Manggarai Bagi-bagi Sembako

AKBP Mas Anton Widyodigdo memberi bantuan kepada warga Kelurahan Waso. (Photo : floressmart)

Floressmart- Kepolisian Resor Manggarai Nusa Tenggara Timur menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19. Kegiatana bagi-bagi ratusan bingkisan berisi sembako dipimpin langsung oleh Kapolres Manggarai, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mas Anton Widyodigdo, Selasa 21 April 2020.

Kegiatan bertajuk Bakti Sosial Polri Peduli Covod-19 ini dilakulan di setiap kelurahan di Kecamatan Langke Rembong. Kelurahan Waso menjadi lokasi pertama yang disambangi Kapolres dan jajarannya. Di Waso, AKBP Mas Anton dari rumah ke rumah menyerahkan sendiri bantuan kepada 14 KK. Paket yang dibagikan berisi beras, gula susu dan makanan cepat saji.

Berdasarkan data, paket sembako diberikan kepada, 14 KK di kelurahan Waso, Kelurahan Karot 5 KK, Kelurahan Karot Tadong 5 KK, Kelurahan Wali Redong 5 KK, Bangka Leda 9 KK, Kelurahan Golodukal 6 KK, Kelurahan Pitak 5 KK, Kelurahan Lawir 6 KK, Kelurahan Mbaumuku 5 KK, Kelurahan Watu 5 KK, Kelurahan Pocomal 5 KK, Kelurahan Bangka Nekang 5 KK, Kelurahan Tenda 5 KK, Carep 5 KK, Kelurahan Laci Carep 5 KK, Kelurahan Compang Carep 5 KK, Kelurahan Pau 6 KK, Kelurahan Satar Tacik 5 KK, Karyawan Hotel FX 3 orang dan hotel Shinda 1 orang. Jumlah keseluruhan penerima bantuan sosial tersebut 110 orang.

Baca juga  Tak Nafkahi Anak, Oknum Polisi Dilaporkan Lagi ke Polres Manggarai

Kepada pers, Kapolres Manggarai mengatakan, wabah Covid-19 telah mengganggu iklim cari makan warga khususnya masyarakat yang bekerja pada sektor informal seperti supir angkot, ojek, pekerja serabutan serta pemulung serta kelompok rawan ekonomi. Ia pun meminta para Bhabinkantibmas untuk mendata warga yang terdampak di setiap kelurahan terkhusus di Kota Ruteng.

“Kita bantu ala kadarnya, pandemi Covid-19 ini telah menggencet ekonomi masyarakat. Untuk sementara kita bagikan di Kota Ruteng dulu. Data-data penerima kita dapatkan dari setiap Bhabinkantibmas,” katanya.

Menurutnya, kegiatan bagi-bagi sembako ini merupakan lanjutan dari kegiatan Polres Manggarai sebelumnya dimana ia juga meminlmpin kegiatan serupa di jalan-jalan, pertokoan, pasar dan rumah sakit.

Baca juga  Manggarai Tambah 6 Kasus Positif Covid-19, Tiga Anggota TNI

“Ini sudah hari yang ketiga, sebelumnya kita bagi-bagi ratusan bungkus sembako dan masker untuk para supir angkot dan tukang ojek,” tambah dia.

Ia berkata pihaknya masih akan melakulan kegiatan bagi-bagi sembako di beberapa lokasi khususnya kepada masyarakat yang menampung anggota keluarga mereka yang datang dari daerah terpapar.

“Sekarang kan pada pulang kampung, baik itu mahasiswa juga yang terkena PHK atau dirumahkan. Mereka-mereka ini perlu kita pikirkan bersama supaya diberikan sembako juga,” imbuh AKBP Mas Anton.

Sambil membagi-bagikan sembako, Kapolres Manggarai ini tak lupa memberi imbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol pemerintah dan maklumat Kapolri antara lain larangan berkumpul dan tetapenggunakan masker.

“Selama ini setiap kali mendatangi warga saya himbau agar yang datang dari daerah terpapar corona untuk tetap berada di rumah melaksanakan isolasi mandiri, kemudian kita juga ingatkan masyarakat kita taat dengan pedoman social distancing, phisycal distancing, antara lain jangan berlumpul, jangan menggelar pesta, dan bagus sejauh ini masyarakat kita sangat patuh,” ungkapnya.

Baca juga  Aduh!! Marsel Ahang Ngamuk Lagi di Sidang Paripurna DPRD

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kajari Ruteng Yoni Pristiawan Artanto, Mewakili Dandim 1612 Manggarai Kasdim Mayor CHB I Wayan Subrata, Wakapolres Manggarai Kompol Thobias Tamonob, Danki Brimob Kompi 2 Batalion B Pelopor Iptu Sigit Artanto, para perwira dan anggota Polres Manggarai serta ibu-ibu Bhayangkari.

Ini salah satu bentuk rasa peduli dari pihak kepolisian kepada masyarakat khususnya di wilayah Manggarai di tengah wabah virus covid 19.

Semoga bermanfaat

Sementara Danki Brimob Kompi 2 Batalion B Pelopor Iptu Sigit Artanto, berharap semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi yang menerima.

“Kita sangat berharap bantuan yg telah di berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat di tengah situasi yg sulit saat ini,” katanya.

Danki Sigit juga mengajak masyarakat tidak perlu cemas berlebih asal mematuhi protap social distancing dan physical distancing.

“Kami menghimbau agar masyarakat Manggarai tidak panik dan tetap di rumah saja demi keselamatan bersama,” cetusnya.(js)

Tag: