Bupati Manggarai Tolak Pasien PDP Mabar Rawat di RS Ben Mboi

Bupati Manggarai Deno Kamelus diwawancara wartawan Rabu 22 April 2020. (Photo : floressmart).

Floressmart- Bupati Manggarai Nusa Tenggara Timur, Deno Kamelus menyurati Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula agar tidak lagi merujuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ke RS dr Ben Mboi Ruteng.

Hal itu dilakukan merujuk Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.101.07/MENKES/169/2020 Tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu yang menetapkan RSUD Komodo Labuan Bajo sebagai salah satu Rumah Sakit Rujukan di NTT selain RSU Prof.Dr.W.Z Johannes Kupang dan RSUD dr. Tc.Hillers Maumere.

Baca juga  Tidak Menemukan Timah, Lalu Mission Sacra

“Memperhatikan perkembangan rujukan Pasien asal Kabupaten Manggarai Barat yang akhir-akhir ini lebih banyak diarahkan ke RSUD dr. Ben Mboi dan RS St Rafael Cancar, maka bersama ini kami meminta Bapak Bupati Manggarai Barat untuk mengambil kebijakan agar pasien-pasien asal Kabupaten Manggarai Barat langsung saja dirujuk ke RSUD Komodo Labuan Bajo sebagai Rumah Sakit Rujukan,” tulis Bupati Deno dalam surat tersebut.

Baca juga  Protes Keluarga Pasien PDP di Ruteng Ditanggapi Gugus Tugas Covid-19

Surat dengan Nomor : Kesra.400/220/V/2020 perihal Rujukan Pasien dan Pelaku Perjalanan yang ditandatangani Bupati Deno per 11 Mei 2020 ini tidak hanya soal rujukan pasien juga berisi tentang aturan pelaku perjalanan.
Terkait Pelaku perjalanan dari wilayah Kabupaten Manggarai Barat seperti disebutkan dalam surat tersebut mempertimbangkan bahwa Kabupaten Manggarai Barat sudah terpapar Covid-19, maka bagi para pelaku perjalanan dari Kabupaten Manggarai Barat ke Kabupaten Manggarai akan dikenakan beberapa persyaratan sebagai berikut: Surat Keterangan Sehat dari dokter, Surat Keterangan Hasil Rapid Test, Surat Rekomendasi Perjalanan dari Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat serta Menunjukkan Identitas Diri berupa KTP/KK/SIM.

Baca juga  Positif Rapid Test Pekerja Floresco Dikarantina di Borong

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Lodivikus Moa, ketika dihubungi terpisah mengungkapkan seorang pasien PDP dari Manggarai Barat sedang sedang dirawat intensif di ruang isolasi RS dr Ben Mboi.

“Pasien ini dari Kecamatan Welak sempat dirawat di RS Santo Rafel Cancar,” ukar Lodivikus Moa, Kamis 14 Mei 2020. (Js)

Tag: