Cegah Corona, Alumni SMANSA Bagi Masker di 9 Kelurahan

Alumni SMANSA Angkatan 2015 saat menyerahkan masker di Kantor Kelurahan Tenda. (photo : Dok Beatrix Tulur).

Floressmart- Di tengah kekurangan APD khususnya masker, sejumlah elemen masyarakat di Ruteng terlibat dalam kegiatan sosial membagikan masker kepada warga. Salah satu organ yang berpartisipasi dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19 yakni alumni SMANSA (SMA Negeri 1)  Langke Rembong, Angkatan 2015.

Anggota alumni yang berjumlah 30-an orang itu urunan mengumpulkan uang untuk membeli kain dan ongkos jahit. Dari uang yang dikupulkan mereka menjahit 500-an lembar masker dan telah  dibagikan di 9 kelurahan di Kecamatan Langke Rembong pada 14 Mei kemarin.

Baca juga  Soal Akses Masuk Wilayah, Manggarai dan Mabar Sama-sama Pakai Surat Rapid Test

“Untuk tahap 1 ini kita bagi ke 9 kelurahan yaitu, Kelurahan Carep,Tenda, Karot, Watu, Waso Bangka Leda, Pau, Kelurahan Pitak dan Kelurahan Wali,” kata alumni bernama Beatriks Alvionita Tulur, kepada media ini, Sabtu 16 Mei 2020.

Menurutnya, pembagian masker tidak dilakukan dari rumah ke rumah atau di jalan tetapi diserahkan langsung kepada para lurah  mengingat saat ini sedang ada pembagian BLT di setiap kelurahan. Dari para lurah sebutnya kemudian akan dibagikan kepada warga.

Baca juga  Pasien Covid yang Meninggal Mengeluh Kecapean Petik Cengkeh

“Pembagian pertama dilakukan di Kelurahan Carep, kebetulan di sana kemarin sedang ada pembagian BLT dan kebetulan ada pak camat juga sehingga penyerahan bersama beliau dan pak lurah. Baru setelah itu berturut-turut kepada 8 lurah yang lain,”tutur Beatrix yang adalah koordinator kegiatan itu seraya berkata bahwa tahap berikutnya masih dengan pembagian masker di kelurahan lainnya.

Baca juga  Gedung Rawat Jalan RSUD Ruteng Diresmikan

Menurutnya aksi kemanusian yang dilakukan para alumni ini merupakan bentuk dukungan terhadap protokol pemerintah yang mengharuskan semua orang bermasker dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.Ia berharap APD yang dibagikan dapat digunakan oleh masyarakat terkhusus masyarakat yang kurang mampu ketika  menjalankan aktivitas di luar rumah.

“Berharap semoga banyak lagi elemen yang menyediakan masker bagi masker sehingga protokol pemerintah yang mewajibkan orang bermasker benar-benar dilaksanakan sebab masker menjadi salah satu APD yang ampuh untuk membentengi tubuh kita dari penularan virus corona,” cetusnya. (js)

Tag: