Mabar Buat Portal ‘Tandingan” di Paang Lembor, Ada Apa?

Portal pemeriksaan yang dibuat di kampung Paang Lembor. (photo : floressmart).

Floressmart- Camat Lembor, Pius Baut mengatakan telah mendirikan portal pemeriksaan pelaku perjalanan di Paang Lembor Desa Wae Bangka. Posko ini dibangun tidak lama setelah Pius mengamuk di Posko Covid-19 milik Gugus Tugas Kabupaten Manggarai. Dia bilang, posko ini dibikin atas perintah Bupati Mabar Agustinus Ch Dula.

“Saya sudah diperintahkan oleh Bupati Manggarai Barat untuk membangun posko di perbatasan dengan Manggarai dan kami sudah bangun itu,” kata Camat Lembor ini kepada sejumlah wartawan di Weri Pateng Lelak, Sabtu petang 16 Mei 2020.

Menurutnya, check point atau pos pemeriksaan pelaku perjalanan idealnya dibangun sebelum Paang Lembor sehingga meski ada  pengetatan namun tidak sampai mengganggu aktifitas warga Paang Lembor.

Baca juga  Ayah Bejat, Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil Di Manggarai Timur

“Karena perbatasan Manggarai dengan Manggarai Barat dilihat dari aksesibilitas transportasi itu perbatasannya di sebelah timur Paang Lembor. Kalau perbatasan Manggarai secara umum banyak tapi dilihat dari akses lalu lintas di sebelah timur di Desa Wae Bangka sehingga kita sudah bangun posko di situ dan melaksanakan instruksi bupati untuk mengawasi lalu lintas orang yang masuk ke wilayah Manggarai Barat,” ujar dia.

Ketika ditanyai apakah posko tersebut sebagai bentuk ketidakpuasan  terhadap  opsi-opsi yang ditawarkan oleh dua kabupaten untuk membangun posko bersama di Weri Pateng, Camat Pius mengaku tidak setuju jika membangun posko di Weri Pateng karena pilihan itu menurutnya tidak ideal.

Baca juga  Pasien Keracunan Seafood Membaik, Sampel Makanan Dibawa Ke BPOM Kupang

“Kami sudah usulkan tadi duduk bersama dengan pihak Manggarai belum ada kesepakatan soal ini ada beberapa opsi yang pertama adalah posko bersama sepakat,tapi di perbatasan itu permintaan kami. Kedua posko masing masing, lagi-lagi di perbatasan. Sederhana saja sebenarnya tapi kita yang memperumit, ini persoalan sederhana dibuat rumit,” tambah Pius Baut.

Putra asli Paang Lembor ini kemudian menyindir keputusan Pemerintah Kabupaten Manggarai karena mendirikan posko Covid-19 di Weri Pateng, sebab hal itu lanjut dia asal dan gegabah.

Baca juga  Dua Kali Swab Negatif, Dua OTG di Ruteng Dipulangkan dari Karantina

“Saya pikir ini terlalu gegabah harusnya duduk bersama dulu baik-baik rencanakan bersama karena terkait dengan lalu lintas orang lintas Kabupaten kalau direncanakan secara matang di sosialisasi itu yang kami mau,” cetusnya.

Seperti dipantau, sebuah portal bambu dipasang persis selepas tikungan terakhir sebelum kampung Paang Lembor. Posko ini berada kira-kira 700 meter di bagian timur posko Covid-19 Weri Pateng. Artinya portal ini khusus memeriksa pelaku perjalanan dari Manggarai.

“Terima kasih untuk teman-teman dari Ruteng, saya minta lengkapi surat-surat sesuai instuksi Bupati Manggarai Barat, besok kami mulai bertugas,.Sekali lagi lengkapi surat-surat daripada kami pulangkan Anda ke Ruteng,” pesan Camat Pius lalu bergegas masuk ke dalam mobil dinasnya. (js)

Tag: