Wabup Mabar Anjurkan OTG Positif Covid-19 Manggarai Dirujuk ke RS Komodo

Bupati Deno Kamelus , Wabup Viktor Madur dan Wabup Mabar Maria Geong ketika membahas polemik posko Covid-19. (photo : floressmart)

Floressmart- Bupati Manggarai Deno Kamelus dan Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong bertemu membahas isu-isu aktual terkait penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19 di dua kabupaten.

Dalam pertemuan yang digelar di Ruteng, Senin malam 18 Mei 2020, Wabup Maria juga menyarankan agar 1 orang OTG (Orang Tanpa Gejala) yang terkonfirmasi positif Covid-19 segera dirujuk ke RS Komodo Manggarai Barat.

Baca juga  Komisioner KIP Kasih Bantuan APD ke Gugus Tugas Covid-19 Manggarai

Hal itu menurut Wabup Maria merujuk pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.101.07/MENKES/169/2020 Tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu yang menetapkan RSUD Komodo Labuan Bajo  sebagai salah satu Rumah Sakit Rujukan di NTT selain RSU Prof.Dr.W.Z Johannes Kupang dan RSUD dr. Tc.Hillers Maumere.

Rumah Sakit Komodo kata saat ini khusus untuk mengisolasi dan merawat pasien-pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan pasien berstatus PDP sementara pasien umum dilayani di Puskesmas Labuan Bajo, RS St Yospeh dan RS Siloam.

Baca juga  Periksa Corona Sudah Bisa di RS Ben Mboi Tapi Terkendala Dua Hal Ini

“Supaya tidak menimbulkan kekhawatiran bagi pasien lain di Rumah Sakit Ben Mboi saya setuju kalau pasien 01 (OTG positif) ini segera diisolasi di Rumah Sakit Komodo,” anjurnya.

Bupati Deno dalam kesempatan itu mengapresiasi tawaran Wabup Maria namun ia mengatakan mendiskusikan dulu hal itu dengan tim Gugus Tugas Covid-19 Manggarai. Menurut Deno Kamelus, pasien 01 ini terpantau baik-baik saja dan tetap dikarantina di Wisma Atlit Golo Dukal.

Baca juga  Lagi, Anggota Dewan di Manggarai Berkelahi di Ruang Paripurna

“Karena di sana ada dokter-dokter ahli ya saya kira perlu disampaikan ke mereka soal OTG yang positif ini. Kalau saya sih sepakat dengan ibu wakil supaya OTG ini segera dirujuk ke Rumah Sakit Komodo,” timpal Deno.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, dr Yulianus Weng kepada wartawan memastikan pasien 01 (KFJ) tetap dikarantina di Wisma Atlit Stadion Golo Dukal dan tidak perlu diisolasi di RSUD dr Ben Mboi dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan KFJ yang masih sehat-sehat saja. (js)

Tag: