Rapid Test Keluarga Pasien 01 Negatif Semua

Petugas melaksanakan rapid test terhadap keluarga pasien 01 di Kecamatan Wae Rii. (photo : Gugus Tugas Covid-19)

Floressmart- Tim surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai melaksanakan rapid test terhadap anggota keluarga yang pernah kontak erat dengan pasien KFJ yang terkonfirmasi Covid-19.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diawali dengan rapid test kepada 9 orang Ibu Rumah Tangga (IRT) warga sekitar tempat tinggal pasien 01. Hasil rapid test yang dilakukan tim Dinkes dan tim dari Puskesmas Timung menunjukkan hasil non-reaktif (negatif). Itu pada hari Selasa, 19 Mei 2020.

Baca juga  Waspada, 9 Kecamatan di Manggarai Masuk Zona Merah COVID-19

Tim surveilans juga mendapat informasi dari para IRT itu bahwa KFJ sebelum dikarantina, KFJ sempat mengunjungi orang tuanya di Kampung Lalong. Sehingga pada hari Rabu, (20/5), tim Dinkes Manggarai dan tim dari Puskesmas Bangka Kenda melakukan rapid test terhadap tiga orang kontak erat, yakni ayah, ibu dan adik bungsu KFJ. Hasil rapid test ketiganya non-reaktif (negatif).

“Artinya, ada 12 orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan OTG yang terkonfirmasi positif dan sudah dilakukan rapid test kepada mereka semua, hasil rapid test non-reaktif. Saat ini, ke-12 orang tersebut melakukan karantina mandiri sampai akan dilakukan rapid test tahap kedua dan test swab,” kata Jubir Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19, Lodivikus Moa dalam siaran pers, Rabu malam.

Baca juga  Satu Lagi Warga Manggarai Positif Corona

“Dalam upaya pencegahan dan penanganan covid-19, Gugus Tugas akan segera melakukan tracing dan tracking pada warga masyarakat yang pernah berkontak erat dengan orang/pasien yang telah terkonfirmasi positif untuk dilakukan rapid test dan test swab,” tambahnya.

Sebelumnya Lodivikus kepada wartawan menyampaikan RS dr Ben Mboi belum lama ini mengirim 5 sampel swab ke Laboratorium RSUD W. Z. Johannes Kupang. Hasil pemeriksaan  5 spesimen tersebut, hanya 1 spesimen yang dinyatakan positif Covid-19 yakni KFJ.

Baca juga  Puluhan Pekerja Toko di Ruteng Positif COVID-19

“KFJ ini bekerja di rumah jemaah peserta Ijtima Gowa. KFJ dan masjikannya sebelum di- swab sudah dua kali rapid test dan hasilnya positif sehingga keduanya dikarantina di Wisam Atlit. Suami KFJ juga dikarantina, meskipun rapid test-nya negatif. Hasil swab suami KFJ ini juga negatif,” tuturnya. (js)

Beri rating artikel ini!
Tag: