Satgas Covid-19 Manggarai Keliling Mengedukasi Masyarakat

Satgas Covid-19 Manggarai mengenakan masker kepada para pengguna jalan (photo : Protokol Kabupaten Manggarai)

Floressmart- Dalam rangka memutus penyebaran Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai terus berupaya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat akan pentingya mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

Sosialisasi dan edukasi tersebut digelar di tempat-tempat yang biasa dipadati oleh warga seperti lokasi pertokoan Ruteng, pasar dan terminal serta tempat keramaian lainnya.

Aksi sosialisasi dan edukasi ini terus dilakukan siang malam. Tim Gugus Tugas yang terdiri dari anggota TNI dari Kodim 1612 Manggarai, sejumlah anggota Polres Manggarai, Satpol PP, dan Bagian Protokol Setda Kabupaten Manggarai kembali melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga yang berpusat di Kota Ruteng, Jumat (29/5/2020) kemarin.

Baca juga  Satu Orang Klaster Gowa di Manggarai Positif Corona

Selain di dalam kota Ruteng, aksi sosialisasi ini juga dilakukan di sepanjang ruas jalan Ruteng-Labuan Bajo, pasar tradisional Cancar hingga Anam Kecamatan Ruteng, Manggarai.

Saat melakukan sosialisasi masih ditemukan para pengguna jalan yang tidak memakai masker. Kepada mereka, tim ini memberikan edukasi akan pentingnya penggunaan masker untuk melindungi diri dari penyebaran pandemi Covid 19. Tim juga memberikan masker gratis atau meminta masyarakat dimaksud untuk membelinya di tempat penjualan masker terdekat.

Baca juga  Hasil Swab Antigen, Sekda Manggarai Positif COVID-19

Ketua tim pencegahan Covid-19 dari grup TNI, Lettu. Inf. Falentinus Lanar, mengatakan, sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya membangun kesadaran dalam mencegah penyebaran Covid-19 terutama penyebaran melalui transmisi lokal di Manggarai.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terutama untuk mengikuti protokol-protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah, seperti pakai masker, jaga jarak fisik, sering cuci tangan dan sebagainya,” ujarnya.

Pasi Intel Kodim 1612 Manggarai ini mengatakan, pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan edukasi ini merupakan bagian dari tugas kemanusiaan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Tugas kita adalah pencegahan dan penanganan. Karena itu tugas pencegahan ini paling optimal untuk dilakukan. Kalau pengobatan kita serahkan pada petugas kesehatan. Apalagi di wilayah kita ini telah ada pasien yg terkonfirmasi positif virus corona,” jelasnya.

Baca juga  Dua Kali Swab Negatif, Dua OTG di Ruteng Dipulangkan dari Karantina

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Manggarai, AKP. Gabriel M Taek, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tugas untuk menyelamatkan semua orang dari paparan virus corona.

“Ini emergensi. Karena itu kita akan memberikan teguran keras kepada para pengendara, atau pengguna jalan yang tidak mengindahkan sosialisasi ini,” tegasnya.

Petugas dilengkapi mobil pengumuman keliling untuk memberikan imbauan agar warga dapat mematuhi protokol kesehatan seperti; selalu mengenakan masker, mencuci tangan dengan benar, jauhi kerumunan, serta selalu jaga jarak. (js)

Tag: