Bupati Deno Imbau Penerima BLT : Jangan Pakai Beli Rokok atau Judi

Bupati Deno ketika memberi imbauan kepada penerima BLT di Renda, Kecamatan Satar Mese Utara (photo : Prokopim).

Floressmart- Bupati Manggarai, Deno Kamelus, memantau langsung penyaluran perdana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) bagi warga terdampak Covid-19 di 6 desa di wilayah Kecamatan Satarmese Utara, Kamis 4 Juni 2020.

Keenam desa yang dimonitor Bupati yakni Desa Renda, Desa Todo, Desa Popo, Desa Kole, Desa Matawae, dan Desa Ruang.

“Pemerintah mempunyai kebijakan untuk kemudian dari Dana Desa sesuai persentase dan porsinya untuk kemudian akan dibagikan kepada keluarga-keluarga yang masuk kategori miskin tetapi belum dapat PKH, belum dapat BLT Sembako, BLT Covid (Kemensos), bukan PNS, bukan tenaga kontrak, bukan pensiunan, dan seterusnya sesuai syarat yang tertuang dalam peraturan,” ujar Bupati Deno.

Baca juga  Jangan Salah,Sekdes PNS Pun Dapat Diberhentikan Oleh Kades

Disampaikan Bupati Deno, BLT-DD disalurkan karena pandemi virus corona. Oleh karena itu ia berpesan agar bantuan pemerintah dipakai untuk hal-hal yang berhubungan dengan  pencegahan Covid-19 antara lain untuk pemenuhan gizi keluarga.

“Biar badan tetap sehat beli ikan, daging, telur, susu. Neka pake seng so’o kudut weli kupon agu rongko (jangan pakai uang ini untuk beli togel dan rokok) karena itu tidak ada hubungannya dengan corona, itu berhubungan dengan perjudian. Tolong manfaatkan uang ini secara baik. Ini hanya untuk tiga bulan saja”, pinta Bupati Deno.

Baca juga  Marsel Ahang Diadukan ke BK, Bupati Deno Beberkan Poin Krusial Hingga Ancaman PAW

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa kehadirannya dalam kegiatan tersebut untuk memastikan penyaluran BLT-DD berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

“Saya mau bulan Juni ini seluruh BLT Dana Desa (untuk 3 bulan) sudah dibagi,” cetusnya.

Selain melakukan pemantauan, Bupati Deno juga menyempatkan waktu untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga  Mendekatkan Pelayanan, Kopkardios Buka Cabang di Borong

“Yang paling penting saat ini bukan dana bantuan yang kita terima melainkan bagaimana kita bersama-sama berupaya mencegah penyebaran virus corona. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan,” pesan Deno.

Untuk tahu saja, dari total 1654 KK penerima BLT-DD yang tersebar di 11 desa se-Kecamatan Satarmese Utara, seluruhnya ditangani oleh Dana Desa. (js)

Tag: