Cara Puskopdit di Manggarai Perkuat Kapasitas Karyawan

Karyawan peserta pendidikan dasar kopdit (photo : isitimewa).

Floressmart- Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) Manggarai Raya menyelenggarakan Pendidikan Dasar bagi Karyawan Koperasi Kredit (Kopdit) se-Manggarai Raya. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Puskopdit bagi Kopdit-Kopdit binaannya.

“Alasan yang mendasari kegiatan ini ada dalam Pilar 4 Kopdit, Pendidikan, Swadaya, Solidaritas dan Inovasi. Pendidikan yang baik berpengaruh positif pada capaian kinerja,” jelas Wakil Ketua Puskopdit Manggarai, Kanisius Teobaldus Deki di Ruteng, Rabu 12 Agustus 2020.

Dalam pandangan Nik, demikian Kanisius biasa disapa, pergerakan usaha anggota Puskopdit Manggarai Raya dinilai baik adanya. Hal itu disebabkan usaha dan komitmen bersama untuk menjaga kualitas kerja dan meningkatkan layanan kepada masing-masing anggota.

Tantangan terbesar Kopdit ke depan adalah bagaimana memertahankan eksistensi lembaga keuangan ini di tengah arus persaingan lembaga keuangan dalam masa pandemi Covid-19.

Baca juga  Petani di Manggarai Raup Rp25 Miliar Hasil Jual 2,8 Juta Kg Hortikultura

“Kami melihat bahwa banyak lembaga yang melakukan PHK terhadap karyawannya. Sejauh ini lembaga Kopdit belum melakukan itu karena memiliki daya tahan yang baik. Pekerjaan-pekerjaan mereka berjalan baik walau sedikit ada penurunan selama 4 bulan terakhir, tetapi trend kenaikannya terus meningkat. Faktor pendidikan menjadi salah satu penentu kebertahanan ini,” kata Nik.

Menurut dia, pendidikan anggota berhasil membangun kepercayaan mereka terhadap Kopdit. Mereka juga berusaha mengembalikan pinjaman tepat waktu kendati jumlahnya tidak sesuai kontrak.

Senada dengan Nik Deki, Manajer Puskopdit, Yoseph Bugha menjelaskan bahwa pendidikan dasar bagi karyawan Kopdit dilakukan bersama supaya ada kesamaan pengetahuan bagi semua karyawan Kopdit di Manggarai Raya.

Baca juga  Kopkardios Membangun Ekonomi Manggarai Timur

“Ini adalah tahun ketiga kami menjalankan program pendidikan bersama. Keuntungan program bersama ini adalah terdapat pengetahuan yang kurang lebih sama bagi semua pegawai di institusinya masing-masing sehingga pergerakan pertumbuhannya bisa terukur. Selain itu tercipta rasa solidaritas dan kerja sama di antara semua karyawan kendati mereka datang dari Kopdit yang berbeda,” tuturnya.

Program Pendidikan Dasar ini terang Bugha, berlangsung selama sebulan penuh dengan tema pengenalan Koperasi Kredit dan pendalaman setiap aspek kerjanya.

“Selama 30 hari mereka ditempat dengan materi-materi yang penting untuk menolong mereka bekerja professional di lembaga masing-masing. Fasilitator mereka adalah para praktisi Kopdit yang sudah berpengalaman di masing-masing lembaga,” terangnya.

“Program ini akan berkelanjutan. Setelah pendidikan dasar, dilakukan pendampingan secara kontinyu untuk aspek-aspek yang sudah diprogramkan, baik untuk Pengurus, Pengawas, pun Manajemen,” tambah Yoseph Buga, menutupi pertemuan di kantor Puskopdit, kelurahan Rowang, kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Baca juga  DPD RI Buka Turnamen Sepak Bola Paskah

Kegiatan pendidikan dasar ini pun mendapat pujian dari para peserta.

“Kami mendapat pengetahuan yang belum kami jumpai di tempat kuliah kami. Kami merasa didukung melalui program pendidikan dasar dan merasa lebih siap untuk melayani anggota ke depannya,” ungkap Vidy Madur, sarjana Akuntansi yang kini menjadi staf KSP Kopkardios.

Adapun para peserta yang mengikuti Pendidikan Dasar antara lain; karyawan KSP Kopkardios, KSP Ayo Mandiri, KSP Hanura, KSP Mitra Komodo, KSP Setia Janji, KSP Mawar Merah, KSP Efata, KSP Koprina dan Kopdit Ca Nai dengan jumlah peserta sebanyak 13 orang. (js) 

Tag: