Hati-hati! 8 Orang Positif Corona di Manggarai Transmisi Lokal

Lodovikus Moa, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupten Manggarai. (photo: floressmart)

Floressmart- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai mengumumkan kasus baru Covid-19. Delapan warga di Kecamatan Ruteng terkonfimasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan PCR Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. WZ Johannes Kupang.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus Moa menjelaskan, 8 orang itu dikategorikan sebagai transmisi lokal karena terjangkit dari  RJ, pasien Covid-19 asal Cireng Kecamatan Ruteng yang meninggal dunia di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, 20 Agustus 2020 lalu.

Baca juga  Soal Ribut di Paripurna, Wakil Ketua DPRD : Marsel Jangan Persalahkan Pimpinan Sidang

“Delapan ini kasus transmisi lokal dari dari 17 swab orang berstatus kontak erat dengan almarhum RJ. Istri RJ juga positif. Delepan pasien ini telah diisolasi di wisma atlet Stadion Golo Dukal,” kata Lodivikus dihubungi Kamis pagi 3 September 2020.

Kepala Bagian Prokopim Setda Manggarai ini mengatakan, Kampung Cireng Desa Poco Likang Kecamatan Ruteng menjadi klaster baru corona di Manggarai dan berpotensi menular ke banyak orang.  Dia berkata, tim surveilans segera trace orang-orang yang kontak erat dengan 8 orang tersebut termasuk orang tua RJ yang menolak diambil swabnya pada pemeriksaan pekan lalu.

Baca juga  Mau ke Manggarai Timur Penuhi Dulu Syarat Ini

“Tracing akan lebih panjanglagi siapa saja yangberinteraksi dengan delapan orang itu selama ini termasuk orang tua RJ ini tidak mau di-swab,” katanya.

Petugas medis positif corona

Selain istri RJ, seorang petugas medis yang pernah kontak erat dengan almarhum RJ juga positif corona. Dia seorang bidan bekerja di Puskesmas Anam Desa Bulan Kecamatan Ruteng. Celakanya bidan tersebut selama ini masih melaksanakan tugas seperti biasa.

Baca juga  Dandim Manggarai : Anggota TNI Terkonfirmasi Positif Covid-19 Diisolasi Sejak Tiba di Ruteng

“Ini lagi yang sangat  mengkhawatirkan kita, bidan yang positif ini tetap masuk kerja,” kata Lodivikus.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, lanjut Lodivikus merekomendasikan Puskesmas Anam ditutup untuk sementara waktu.

“Sesuai protap,  Puskesmas Anam kita tutup,” bilang Lodovikus.

Dengan adanya 8 kasus baru menambah jumlah positif corona di Manggarai menjadi 13 orang dari sebelumnya 5 orang. Kabar baiknya, 4 orang pasien positif corona yang dikarantina di wisma atlet dinyatakan sembuh dan akan dipulangkan ke keluarganya. (js)

Tag: