Dandim Manggarai : Anggota TNI Terkonfirmasi Positif Covid-19 Diisolasi Sejak Tiba di Ruteng

 

Dandim 1612 Manggarai, Letkol Kav Ivan Alva (kiri) bersama Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo. (photo : Floressmart).

Floressmart-  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT mengumumkan hasil pemeriksaan terhadap 22 tes PCR dari 80 spesimen swab yang dikirim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai ke Laboratorium Biomoekuler RSUD WZ Johannes Kupang. Hasilnya, 6 orang dinyatakan terkonfirmasi Positif Covid-19. Tiga diantaranya merupakan anggota TNI.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1612 Manggarai, Letnan Kolonel (Letkol) Kav Ivan Alfa, menerangkan, tiga orang prajuritnya itu merupakan bintara muda yang baru tamat pendidikan militer di Denpasar.

Baca juga  Serahkan BLT Desa, Wabup Victor Madur: Gunakan dengan Baik

Dijelaskan Dandim 1612 Manggarai, sejak tiba di Manggarai beberapa waktu lalu, para prajurit baru yang berjumlah 140 orang langsung menjalani rapid test dan hanya satu orang yang reaktif, sehingga langsung diisolasi. Lalu, kata Dandim Alfa, ada dua prajurit yang walaupun hasil rapid test-nya non reaktif namun karena tampak tidak sehat keduanya dilakukan pemeriksaan swab.

“Begitu datang walaupun dia bawa surat bebas covid dari pendidikannya sana saya tetap rapid sendiri disini, untung kita koordinasi baik dengan Dinkes tidak ada yang reaktif. Cuman satu reaktif kemarin yang baru datang ini, dan itu saya langsung isolasi,” terangnya, ketika dihubungi Rabu petang 16 September 2020.

Baca juga  Culasnya DPRD Manggarai Bimtek di Tengah Pandemi Covid

“Dan ada dua orang lagi saya lihat kok dia demam saya rapid non reaktif semua hasilnya cuman saya nggak yakin kan udah swab. Tadinya saya minta swab semua tapi Dinkes nggak mampu karena terbatas logisitiknya mereka,” ujar Letkol Alfa menambahkan.

Penjelasan Letkol Alfa sekaligus meluruskan pemberitaan yang keliru. Tiga anggota TNI itu ternyata tidak pernah tinggal di penampungan (Puskesmas Kota) seperti diberitakan media ini sebelumnya.

“Yang sehat dan hasil rapid testnya non reaktif yang kita tempatkan di Puskesmas Kota, sebanyak 60 orang, dan 80 orang tinggal di Kodim sini. Tolong betulkan beritanya ya, yang tiga itu dari sejak rapid test langsung diisolasi,” tutupnya.

Baca juga  Ada Kebakaran Di Kantor Pengadilan Negeri Ruteng

Kepala Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Frumencius LTK sebelumnya menyampaikan hasil pemeriksaan terhadap 80 spesimen dari Kabupaten Manggarai.

“Kita baru dapat laporan resmi dari Kupang, 6 orang terkonfimasi Positif Covid-19. Dari 80 yang kita kirim 22 sudah selesai diperiksa. Masih 58 yang belum keluar hasilnya,” kata, Rabu 16 September 2020.

Enam spesimen yang dinyatakan positif lanjut Frumencius, terdiri dari 3 orang TNI ditambah 2 orang dari klaster Cireng dan 1 orang  lagi dari Kampung Maumere Ruteng. (js)

Tag: