AMAN Suntik Energi Kemenangan ke DM

 

Mantovani Tapung berorasi di acara Deklarasi Koalisi Manggarai Maju Deno-Madur(Photo : Floressmart).

Floressmart- Pendukung AMAN (Agustinus Ganggut-Mantovani Tapung) bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai yang kandas lantaran tidak mendapat dukungan parpol mengalihkan dukungan politik ke pasangan Deno-Madur.

Gerbong-gerbong kekuatan AMAN serentak bergerak, merapatkan barisan menghimpun dukungan di kantung-kantung keluarga dan simpatisan AMAN yang tersebar di 12 kecamatan.

Agustinus Ganggut sebagai komandan kekuatan ini memang tidak bisa turun melakukan kampanye lantaran posisinya masih sebagai PNS aktif. Sosok Mantovani Tapung kemudian didaulat menggawangi konsolidasi untuk pemenangan DM. Agustinus Ganggut juga mengutus adiknya, Ebert Ganggut untuk bekerja di simpul-simpul keluarga.

“Keluarga besar Pak Gusti dan keluarga saya ditambah simpatisan AMAN di 12 kecamatan sempat sedih karena gagal mendapatkan dukungan partai politik, tapi kami tidak mau berlama-lama larut dalam kekecewaan itu dan kini berdiri menyatakan dukungan untuk pemenangan Deno-Madur. Ikut memperkuat barisan AMAN sekarang adalah Pak Ebert Ganggut,” kata Mantovani  kepada media ini, Selasa 6 Oktober 2020.

Baca juga  Dukung Deno-Madur lagi, Demokrat Janjikan Kemenangan

Safari rumah adat ke basis keluarga AMAN sedang dilakukan supaya satu suara memenangkan DM, 9 Desember mendatang. Rapat keluarga intens dilakukan di Kecamatan Langke Rembong, Wae Rii, Rahong Utara, Kecamatan Reok dan Reok Barat dan Satar Mese.

“Kita sudah pau tuak (permisi) ke orang-orang tua kita dari rumah adat ke rumah adat yang lain, prinsipnya mereka siap mengalihkan dukungan dari AMAN ke DM. Tidak muluk-muluk ini ya kekuatan AMAN jelas dan signifikan. Kita nyatakan bahwa AMAN telah menyuntik energi baru ke DM,” tuturnya.

Mahar kerendahan hati dan transaksi program

Kemistri politik Deno-Madur dan AMAN terjalin selain karena kesamaan konsep dan program dan sama-sama memiliki spirit membangun dengan narasi kemajuan dan kesejahteraaan juga didasari kerendahan hati seorang Victor Madur yang membutuhkan kekuatan AMAN.

Baca juga  Suasana Haru Warnai Perjumpaan Deno- CR

Sehingga ketika disinggung deal politik yang melatari kerja sama itu, Mantovani menjawab dengan lugas, bahwa DM telah meminang dukungan AMAN dengan kerendahan hati.

“AMAN sudah dibayar dengan kerendahan hati pak Victor Madur. Transaksi dengan AMAN berupa transaksi program apa yang menjadi program dari paket AMAN, itu akan diakomodasi oleh paket DM dalam perjalanan kedepan kalau paket DM akan terpilih lagi dua periode,” katanya.

Kalkulasi politik 3,5 tahun

Akademisi yang akrab disapa Doktor Manto Tapung ini mengatakan, masa pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati terpilih 2021-2025 hanya 3,5 tahun sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, tentang Pemilu.

“Nah sekarang kita hitung, 3,5 tahun, kalau yang di sebelah terpilih 3,5 tahun maka kita hitung tahun pertama itu, yang biasanya kedur kamer, bulan madu dengan tim dan sebagainya,” katanya.

Baca juga  Bupati Deno Lantik Enam Pejabat Eselon IIB

Jika bukan DM yang terpilih, sambung Manto, maka mereka baru mulai merencanakan pembangunan pada tahun kedua.

“Kalau merencanakan pembangunan didasarkan pada visi misi gagasan atau program yang  jelas itu mungkin tetapi kalau dari sekarang setelah saya baca-baca,  sama sekali belum ada gagasan atau program yang jelas, dari pihak sebelah bagaimana membangun,” klaim Manto.

“Pertanyaan kita, kapan baru mengurus Manggarai ini karena hanya 3,5 tahun maka saya mengambil kesimpulan, kalau kondisinya demikian lebih baik kita serahkan saja ini lanjutkan saja Pak Kamelus dan Pak Victor,” sambung dia.

Dosen senior Unika St Paulus Ruteng ini kemudia memberi catatan, agar 3,5 tahun tersisa itu Deno-Madur harus fokus menyelesaikan yang belum tuntas, yang belum diselesaikan di periode pertama.(js)

Beri rating artikel ini!
Tag: