Tambah 5 Anggota TNI dan Pimpinan Bank di Ruteng Positif COVID-19

Lodovikus Moa, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupten Manggarai. (photo: floressmart)

Floressmart- Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur kembali mengumumkan penambahan jumlah hasil pemeriksaan swab yang terkonfirmasi Positif COVID-19.

“Penambahan jumlah Pasien yang terconfirmasi positif COVID-19, ada 7 orang berdasarkan laporan yang kita dapatkan dari Laboratorium Biomolekuler RSUD W.Z. Johannes Kupang, Rabu kemarin,” kata jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Lodovikus Mo’a kepada media ini, Kamis 22 Oktober 2020.

Ketujuh pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19, berasal dari klaster TNI serta pelaku perjalanan.

Baca juga  Jokowi Kritik Stasiun TV Kurang Tayangkan Lagu Nasionalisme

“Dari klaster  Denpasar (TNI), bertambah 5 Lima orang prajurit masing-masing A (22 tahun), EKG (20), ATA (20), H (20), EA (20). Semuanya berjenis Kelamin laki-laki, alamat Makodim 1612 Manggarai Kelurahan Mbaumuku Ruteng,” kata Moa.

Dengan demikian, total prajurit TNI terpapar COVID-19 yang berasal dari klaster Kodam Udayana Denpasar berjumlah 25 orang dan yang dinyatakan sembuh baru tiga orang.

“Per hari ini anggota TNI yang masih dirawat di Wisma Atlet Golo Dukal berjumlah 22 orang,” kata Lodovikus.

Klaster Denpasar merupakan tempat prajurit muda menyelesaikan pendidikan militer di Kodam Udayana Denpasar. Kodim 1612 Manggarai mendapat alokasi 146 prajurit TNI baru.

Baca juga  Pasien Covid yang Meninggal Mengeluh Kecapean Petik Cengkeh

Kemudian lanjut dia, dari klaster pelaku perjalanan, sebanyak 2 orang yang terkonfimasi Positif COVID-19 yakni ASS, Laki-Laki 38 tahun dan istrinya DS(36), beralamat di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Mbaumuku Ruteng. ASS diketahui sebagai Kepala BRI Cabang Ruteng yang baru dua pekan bertugas di Manggarai.

“ASS dan DS baru datang dari Bandung Jawa Barat dua pekan lalu. ASS ini salah satu pimpinan bank di Ruteng. Kemarin keduanya sudah dirawat di wisma atlet,” katanya.

Menurutnya, jumlah pasien COVID-19 yang telah mendapatkan perawatan ada 48 orang, dengan rincian; pasien COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh berjumlah 16 orang.

Baca juga  Tahun 2018, Stunting di Manggarai Tak Lebih dari 15 Persen

Kemudian pasien COVID-19 yang meninggal dunia satu orang dan pasien yang masih mendapatkan perawatan di Wisma Atlet  Stadion Golodukal berjumlah 31 orang.

Melihat adanya tren peningkatan kasus COVID-19 di Kabupaten Manggarai membuat, sebut Moa, membuat Satgas gencar melakukan penyelidikan epidemiologi dan kontak tracing, melakukan sosialisasi dalam rangka kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan.

“Pengawasan masyarakat tetap kita intensifkan termasuk setiap pelaku perjalanan serta meningkatkan usaha penegakan hukum dan disiplin dan penerapan Protokol Kesehatan sesuai Peraturan Bupati Manggarai Nomor 38 Tahun 2020,” ujarnya. (js)

Tag: