30 Desa Persiapan di Manggarai Segera Dikukuhkan

Kadis PMD Kabupaten Manggarai, Siprianus Jamun (photo: floressmart).

Floressmart- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Manggarai, Siprianus Jamun, mengatakan, telah memekarkan lagi sebanyak 30 desa persiapan pada tahun 2020 ini.

Jika tidak ada halangan, pengukuhan Penjabat Kepala Desa untuk 30 desa baru tersebut dilakukan pada tgl 16-19 November 2020.

“Sekarang masih direkrut calon penjabat kadesnya, dipilih dari rayon atau kecamatan. Syaratnya ASN, boleh staf atau kepala seksi yang bertugas di kecamatan tapi yang memenuhi syarat,” kata Siprianus Jamun, Rabu 4 November 2020.

Baca juga  PMKRI Ruteng Gelar Seminar Nasional Tentang Dana Desa

Adapun 30 desa persiapan ini kata Siprianus Jamun, telah mendapat kode registrasi dari Gubernur NTT saat pengajuan Keputusan Bupati tentang pemekaran desa pada pertengahan tahun 2020.

Dijelaskan Jamun, 30 desa baru ini dibentuk melalui Perda Nomor 3 Tahun 2020 berdasarkan hasil kajian dan verifikasi tim pembentukan desa persiapan.

“30 desa baru dinyatakan layak dan memenuhi syarat menjadi desa persiapan. Tujuannya untuk percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dengan memperhatikan aspirasi masyarakat desa,” ujar Kadis Siprianus Jamum di ruang kerjannya.

Baca juga  Kopi Kualitas Premium, Mengapa Belum Jadi Fokus Daerah?

Segala bentuk pembiayaan di puluhan desa persiapan ini, terang Jamun, masih menggunakan dana desa dari masing-masing desa induk.

Sementara proses menuju desa induk, imbuhnya, akan diproses ke Kemendagri paling cepat satu tahun berdasarkan evaluasi selama setahun.

“Sebelum menjadi definitif dilakulan banyak evaluasi antara lain, evaluasi selama satu tahun sudah sampai dimana kerja pejabat yang ditugaskan kemudian progres Ranperda. Ada juga laporan hasil evaluasi perkembangan pemerintahan desa serta laporan hasil kajian verifikasi desa persiapan. Prinsipnya, kita maksimalkan proses menuju desa definitifnya paling lama tahun 2022,” ungkap Siprianus Jamun.

Baca juga  Pembangunan Irigasi 2016 Tidak ada Hubungan dengan Proposal Desa Gulung

Jamun menambahkan, dalam dua tahun terakhir, Pemkab Manggarai telah memekarkan 52 desa persiapan termasuk 22 desa persiapan yang dimekarkan pada tahun 2019 dan kini sedang dalam proses menuju desa definitif.

“Kalau dijumlahkan dengam tahun lalu maka desa persiapan berjumlah 52 desa. Sehingga hingga tahun 2020 ini jumlah desa di Manggarai seluruhnya berjumlah 197 dari sebelumnya 145 desa,” paparnya. (js)

Beri rating artikel ini!
Tag: