Jelang Pilkada Manggarai, 60 Pengawas TPS Kecamatan Wae Rii Dilantik

 

Acara pelantikan 60 orang Pengawas TPS Kecamatan Wae Rii (photo : floressmart).

Floressmart- Guna menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai pada 9 Desember tahun 2020 mendatang, Pangawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Wae Rii  melantik dan mengambil sumpah 60 orang pengawas TPS.

Kegiatan pelantikan dilaksanakan di gedung MCC Ruteng, Minggu 15 November 2020. Acara pelantikan dimulai pukul 11.00 WITA. Seluruh peserta memakai kain songket Manggarai.

Seperti dipantau, Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia  melakukan supervisi kegiatan pelantikan PTPS.

Baca juga  Pengawas TPS Terlibat Politik Akan Dicoret

Dalam Sambutan Ketua Bawaslu Abhan yang dibacakan oleh ketua Bawaslu Manggarai, Pengawas TPS  mempunya  tugas yang mulia  dalam pengawasan pemilihan.

“Pengawas TPS merupakan ujung tombak Bawaslu dalam melaksanakan tugas pengawasan. Keberadaan PTPS menjadi instrumen penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara,” demikian disampaikan Laurensia.

Di akhir sambutannya, Ketua Bawaslu Manggarai menegaskan, Pengawas TPS adalah ujung tombak dalam seluruh proses kegiatan pilkada dari mulai tahapan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi surat suara.

Baca juga  Jelang Setahun Bersama, Ini Bahan Evaluasi Tarsi-Biron

Pungut hitung, katanya, adalah tahapan puncak yang harus diawasi secara ketat oleh penyelenggara pengawas

“Pengawas TPS sebagai kaki-kaki Bawaslu sebagai garda terdepan, karena itu  Pengawas TPS harus paham tugas dan kewenangan kita,” pesan Marselina.

Marselina juga memastikan seluruh pengawas TPS di Kabupaten Manggarai yang dilantik siap menjalankan tugas secara profesional demi mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

Sementara Ketua Panwaslu Kecamatan Wae Rii, Herry Arso  mengatakan, sebagai pengawas, PTPS harus mengerti tugas dan paham aturan di TPS. Selanjutnya kata dia, semua  hal berkaitan dengan tugas wewenang pengawas di TPS nanti akan dituangkan dalam pembekalan dan bimbingan teknis.

Baca juga  Realisasi RPJMD dan Reward DID Menuju Manggarai “Satu”

“Di Wae Rii ada 60 pengawas TPS Pilkada siap jalankan tugas pengawasan, dengan kontrak tugas selama sebulan penuh mulai tanggal 16 Nopember hingga 16 Desember mendatang,” paparnya.

Setelah pelantikan, langsung diadakan Pembekalan bagi Pengawas TPS yang baru dilantik oleh Ketua Bawaslu Manggarai, Ketua dan Anggota Panwascam Wae Rii. Pembekalan diadakan agar mereka memiliki pemahaman untuk segera melaksanakan tugasnya di lapangan. (js)

Tag: