Wings Air Terbang Perdana di Kabupaten Manggarai

Pjs Bupati Manggarai, Sony Libing saat meresmikan terbang perdana Wings Air di Manggarai (photo : dok Prokopim Manggarai)

Floressmart- Pesawat jenis ATR 72-500 mendarat mulus di Bandara Frans Sales Lega, Selasa pagi pukul 07.30 WITA. Pesawat ini lepas landas dari Bandara El Tari Kupang pada pukul 06.10 WITA.

Tiba di Ruteng Ibu Kota Kabupaten Manggarai, pesawat dengan kode penerbangan IW yang tergabung dalam Grup Lion Air ini, diterima secara adat Manggarai.

Seremonial adat Kapu menandai dibukanya rute penerbangan Kupang – Ruteng. Acara adat dilangsungkan di ruang VIP Bandara Frans Sales Lega Ruteng, Selasa pagi 24 November 2020.

Disaksikan, penerbangan perdana Wings Air di Ruteng Flores diresmikan oleh Penjabat sementara Bupati Manggarai, Zet Sony Libing.

Pjs. Bupati sony Libing dalam sambutan mengapresiasi kehadiran Wings Air di wilayah Kabupaten Manggarai. Kehadiran maskapai ini menurutnya menjawab kerinduan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur, sebab, penerbangan Kupang-Ruteng sudah lama ditutup.

“Hari ini hari bersejarah. Karena ini doa, ini harapan, ini kerinduan, dan kebutuhan masyarakat Manggarai dan Manggarai Timur. Doa dan harapan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur terjawab sudah,” ungkap Libing.

Menurutnya, transportasi udara bukan lagi dipandang sebagai kebutuhan mewah, namun itu sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

“Ternyata transportasi udara tidak sekedar menjadi kebutuhan lux. Dia sudah menjadi kebutuhan dasar. Kami sangat membutuhkan itu,’ sebutnya.

Ia pun menyampaikan apresiasi  atas dukungan penuh manajemen Wings Air atas kerjasama dan kerja keras sehingga terwujudnya rute penerbangan Wings Air di Kabupaten Manggarai.

“Kami mendukung segala aktivitas Wings Air di daerah ini,’’ tegasnya.

Kedepan, lanjutnya, Bandara Frans Sales Lega direncanakan dan diupayakan untuk diperpanjang sehingga bisa didarati pesawat berbadan lebar.

Pesawat Wings Air jenis ATR 72-500 mendarat perdana di Bandara Frans Sales Lega Ruteng.

Komitmen Lion Grup

Mewakili Direksi Wings Air, Capt. Decky Arianto, dalam sambutannya menyampaikan dukungannya dalam upaya mempercepat proses pembangunan terlebih khusus penyediaan transportasi udara di NTT.

“Kami, dari Lion Grup, berkomitmen untuk mendukung penuh pengembangan jalur penerbangan yang tentunya sejalan dengan pengembangan jalur transportasi udara, ekonomi, dan pariwisata di setiap daerah”, tuturnya.

Pelayanan terbaik, lanjutnya, akan senantiasa diberikan kepada para pelanggan dan masyarakat.

Terkait situasi pandemi Covid 19, Ia memastikan bahwa Lions Air Grup baik itu Wings Air, Lions Air, dan Batik Air, taat dan patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Menggunakan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, sarung tangan, penggunaan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan,’ imbuhnya.

“Kami sangat menggaransi dan memastikan bahwa pesawat aman tanpa ada kekhawatiran terjangkit Virus Covid 19 selama penerbangan,’ lanjutnya.

Sementara itu, Bobby Lianto, perwakilan KADIN Provinsi NTT, yang juga hadir mewakili pelanggan, dalam kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi dengan kehadiran Wings Air.

“Saya yakin penerbangan ini telah menjawab kebutuhan bagi keluarga besar Manggarai, pelaku ekonomi dan pariwisata, dan juga Kabupaten Manggarai Timur”, tuturnya.

“Ini mendukung program pemerintah, Ring of Beauty, mengkoneksi kota-kota di wilayah Propinsi NTT”, tutupnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, untuk melayani rute ini, Wings Air menyiapkan armada pesawat jenis baling-baling (propeller) seri Avions de Transport Regional (ATR) buatan Prancis Italia tipe ATR 72-500 dan ATR 72-600. Keduanya menawarkan kapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi dengan konfigurasi kursi menggunakan tata letak 2-2.

Untuk waktu penerbangan, Wings Air dijadwalkan terbang dari Bandara El Tari Kupang pukul 06.55 WITA dan mendarat pukul 08.30 WITA. Sedangkan rute kembali, Wings Air akan mengudara dari Ruteng pada pukul 08.50 WITA dan dijadwalkan mendarat di Kupang pukul 10.20 WITA.

Pada tahap awal, Wings Air akan melayani penerbangan dengan frekuensi satu kali sehari, tujuh kali seminggu. Harga yang ditawarkan mulai Rp700-an ribu sekali jalan.

Hadir dalam acara penerbangan perdana Wings Air di Manggarai, Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas; Direksi Wings Air, Capt. Decky Arianto; Area Manager Lions Air Grup, Rinus T. Zebua; Staf Khusus Gubernur NTT, Alo Liliweri, Karo Humas Propinsi NTT, Marius Jelamu, Perwakilan KADIN Propinsi NTT, Bobby Lianto.

Hadir pula Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manggarai, Dandim 1612 Manggarai, Kapolres Manggarai, pejabat yang mewakili Kajari Manggarai, Ketua Pengadilan Negeri Ruteng, Airnav Kupang, Angkasa Pura I Kupang, Manajemen Lions Air Grup, Plt. UPBU Bandara Frans Sales Lega, Kepala BMKG Manggarai, Lion Air Parcel, Pilot, Co-Pilot dan Flight Attendance. (js)

Beri rating artikel ini!