Gawat! 69 Nakes di Manggarai Positif COVID-19

Petugas medis di Manggarai sedang melayani pemeriksaan swab antigen di Stadion Golodukal Ruteng (Photo ; floressmart).

Floressmart- Data penularan COVID-19 di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur setiap harinya mencatatkan jumlah yang mencengangkan.

Tidak hanya menimpa masyarakat umum, virus mematikan ini juga kian menyerang tenaga medis sebagai garda terdepan dalam memerangi virus mematikan ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus Moa, menyebut, berdasarkan pemeriksaan rapid antigen dan swab PCR, jumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) yang tertular kini mencapai 69 orang.

Nakes yang terpapar COVID-19 terdata bekerja di 5 puskesmas, rumah sakit pemerintah ditambah Dinas Kesehatan. 69 orang nakes itu sedang dalam perawatan.

Baca juga  Dandim Manggarai : Anggota TNI Terkonfirmasi Positif Covid-19 Diisolasi Sejak Tiba di Ruteng

Dijelaskan Lodovikus Moa, pemeriksaan swab antigen untuk petugas medis baru dilaksanakan di 7 puskesmas dari total 23 puskesmas yang ada dengan target pemeriksaan sebanyak 800 nakes.

“Nakes yang bekerja di Puskesmas Lao: 9 orang, di Puskesmas Kota 9 orang, nakes yang bekerja di Puskesmas Timung 3 orang, di Puskesmas Watu Alo 4 orang, di Puskesmas Bangka Kenda 15 orang, di RSUD dr. Ben Mboi 7 orang serta Dinas Kesehatan sebanyak 22 orang. Total 69 tenaga kesehatan terkonfirmasi positif COVID-19,” papar Lodovikus Moa ketika dihubungi Sabtu, 16 Januari 2021.

Baca juga  Dua Kali Swab Negatif, Dua OTG di Ruteng Dipulangkan dari Karantina

Angka penularan COVID-19 di kalangan tenaga medis berpotensi bertambah, mengingat  masih 15 puskesmas lagi yang akan dilakukan pemeriksaan swab antigen.

“Untuk 15 puskesmas yang tersisa akan dilanjutkan pekan depan sehingga kemungkinan angkanya bertambah,” imbuhnya.

Kendati tak sedikit tenaga medis yang tertular COVID-19, namun pelayanan kesehatan di RSUD dr. Ben Mboi dan seluruh puskesmas lanjut Lodovikus,masih berjalan normal.

“Tidak ada penghentian pelayanan kesehatan. Masyarakat jangan ragu karena pelayanan kesehatan tetap berjalan seperti biasa oleh tenaga medis yang sehat,” sebutnya.

Total pasien Covid 296 orang,86 sembuh, 3 meninggal

Baca juga  Protes Keluarga Pasien PDP di Ruteng Ditanggapi Gugus Tugas Covid-19

Disampaikan Lodovikus Moa, jumlah pasien terkonfirmasi Positif COVID-19 di Manggarai telah mencapai 296 orang.

Angka tersebut terbagi atas; berdasarkan hasil swab test rapid antigen 194 orang dan swab test PCR sebanyak 102 orang.

Jika dikurangi dengan pasien yang sembuh 86 orang dan pasien meninggal 3 orang maka tersisa 210 pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan.

“Pasien COVID-19 yang sedang mendapatkan perawatan di RS dr. Ben Mboi berjumlah 2 orang. Kemudian sedang menjalankan isolasi dan Karantina di Wisma Atlet 11 orang, yang sedang menjalankan karantina dan isolasi mandiri di rumah dibawah pantauan nakes berjumlah 183 orang. Lalu pasien yang Sembuh berjumlah 86 orang dan pasien meninggal dunia berjumlah 3 orang,” tutupnya. (js)

Beri rating artikel ini!
Tag: