Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Manggarai, Nakes Prioritas Vaksinasi

Vaksin Sinovac tiba di Manggarai (Photo ; Floressmart).

Floressmart- Sebanyak 4.600 vial vaksin COVID-19, tiba di pusat Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Minggu sore 31 Januari 2021.

Vaksin sinovac produksi China tersebut dikirim Pemerintah Pusat melalui Dinas Kesehatan Provinsi NTT. Sementara tanggung jawab pengiriman vaksin ditangani oleh PT.Pos Indonesia.

Seperti disaksikan, serah terima vaksin dilakukan oleh Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Ruteng, Abdul Aziz kepada Bupati Manggarai, Deno Kamelus.

Prioritas nakes

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Nobertus Burhanus, dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi COVID-19 mengacu pada surat Kemenkes RI Nomor: SR 02.06/11/80/2021 tertanggal 8 Januari 2021, tentang instruksi vaksin dan rencana pelaksanaan, sasaran vaksinasi COVID-19 untuk kelompok rentan berusia 18 hingga 59 tahun.

Baca juga  Bupati Deno Bentuk Badan Penanggulangan Kemiskinan

Lebih lanjut, Burhanus mengatakan, dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik akan kehalalan vaksin,  maka pelaksanaan vaksinasi akan didahului dengan pemberian vaksin kepada 10 orang pimpinan OPD dan tokoh daerah.

Sasaran vaksinasi tahap pertama bulan Februari, kata Burhanus, akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit. Sementara untuk masyarakat  umum akan dilakukan pada tahap berikutnya.

“Sasaran, dan target vaksinasi menurut Kementerian Kesehatan RI, adalah SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan) diberikan kepada 2.160 orang. Kebutuhan dosis Vaksin C19 untuk SDMK sebanyak 4.320 vial. Yang diterima hari ini sebanyak 4.600 Vial,” paparnya.

Baca juga  Tukang Ojek di Manggarai Terkena Imbas Corona, Bupati : Ada BLT

Untuk tenaga vaksinator, Dinas Kesehatan menyiapkan sebanyak 143 orang, terdiri dari dokter, perawat, dan bidan yang bekerja di puskesmas maupun rumah sakit.

“Telah dijadwalkan pelatihan bagi tenaga vaksinator yang belum mengikuti pelatihan secara virtual sesuai isi surat yang tertera dalam Surat dari Kementerian Kesehatan yakni tanggal 3 dan 5 Februari 2021,” jelas Burhanus.

Bupati beri apresiasi

Sementara itu, Bupati Manggarai, Deno Kamelus, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa vaksinasi hanyalah satu dari sejumlah upaya dalam rangka mengatasi COVID-19. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Baca juga  Bupati Deno Resmikan Posko Covid-19 di Perbatasan Mabar

“Kalau sudah divaksin bukan berarti kita aman seratus persen. Tetap ikuti protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan, itu tetap dilakukan,” ajak Bupati Deno.

Dalam kesempatan yang sama, ia mengapresiasi kinerja semua tenaga medis yang telah bekerja luar biasa demi memutus mata rantai penularan COVID-19. Apresiasi yang sama juga diberikan kepada TNI, Polri, Perangkat Daerah, ASN, insan pers dan semua pihak yang telah bahu membahu bekerja sekuat tenaga mengatasi pandemi ini. (js)

Tag: