Gusti Ganggut Wafat, Upacara Pemakaman Dipimpin Wakil Bupati Manggarai

Wakil Bupati Manggarai, Victor Madur pimpin acara pemakaman Gusti Ganggut (photo ; istimewa).

Floressmart- Upacara pemakaman Almarhum Agustinus Ganggut dilaksanakan secara kedinasan. Almarhum sebagai seorang birokrat senior di Kabupaten Manggarai.

Wakil Bupati Manggarai,Victor Madur bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Manggarai, memimpin upacara pemakaman almarhum.

Acara pelepasan jenasah almarhum berlangsung di rumah duka di Kelurahan Bangka Nekang, Ruteng, Sabtu 6 Februari 2021 pukul 09.00 WITA.

Sebelum meninggal dunia pada Kamis malam (5/2), Gusti Ganggut, begitu ia biasa disapa, masih menjabat sebagai  Staf Ahli Bupati Manggarai Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. Almarhum meninggal akibat komplikasi.

Berjasa dalam pembangunan

Dalam Amanatnya, Wabup Victor Madur menyampaikan bahwa upacara pemakaman secara kedinasan, merupakan salah satu tradisi birokrasi.

Baca juga  Bersih-Bersih di Manggarai?

Upacara Penghormatan, penyerahan dan pelepasan jenazah Agustinus Ganggut, secara kedinasan adalah wujud penghayatan Panca Prasetya Korpri, juga sebagai bentuk kesadaran moril bahwa almarhum telah menjadi bagian penting dalam proses pembangunan di wilayah Kabupaten Manggarai.

“Almarhum telah berada bersama kita, telah bekerja dan berjuang bersama kita, telah berperan dan memberikan sumbangsih bagi keberhasilan tugas pokok dan fungsi, telah ikut membuat langkah proses pembangunan di Kabupaten Manggarai, serta meneteskan keringat bagi penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat,” kata Victor Madur.

“Almarhum telah merasakan pahit getir, suka duka, masa-masa sulit geliat perputaran roda pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat dalam kondisi ketersediaan sumber daya yang terbatas,”tambah dia.

Wakil Bupati Manggarai juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada almarhum yang telah melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab selama dipercayakan memimpin sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Baca juga  Jubir Covid-19 Manggarai : Jumlah Pemudik 1665, ODP 22 Orang

“Perkenankan saya, atas nama Pemerintah Kabupaten Manggarai dan seluruh pegawai, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun menyampaikan terima kasih kepada almarhum atas segala komitmen, tekad, kerja keras,  pengorbanan, dan tetesan keringat selama ini bagi pelaksanaan tugas dan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Victor.

Agustinus Ganggut, merupakan birokrat senior Pemkab Manggarai. Pria yang lahir di Ruteng, 9 Februari 1963 ini pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Hubkominfo) dan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

Terakhir, ia dimutasi menjadi Staf Ahli Bupati Manggarai Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

Baca juga  Tuliskan Pancadarma Disetiap Kiprah Menggugah Karya dalam Semangat Hardiknas

Shorinji Kempo senior

Selain dikenal sebagai ASN yang berdedikasi tinggi, almarhum juga dikenal sebagai pelatih, official, dan koordinator Kempo sedaratan Flores-Lembata.

Dibawah asuhannya, bela diri Kempo telah mengharumkan nama Kabupaten Manggarai bukan hanya kejuaraan di tingkat regional dan nasional, namun juga hingga ke tingkat dunia.

Tahun 2017 lalu, gusti ditunjuk Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Pusat melalui Perkemi Propinsi untuk mendampingi atlit Kempo Nusa Tenggara Timur saat Kejuaraan Dunia Shorinji Kempo World Taikai di San Mateo Stadium, California, Amerika Serikat.

Prestasi yang ditorehkan mengharumkan nama Indonesia pada ajang tersebut. Atlit asal Kempo NTT berhasil meraih 3 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak, selanjutnya almarhum  dimakamkan di pekuburan keluarga di Karot. (js)

Tag: