Pelantikan Bupati Manggarai Ditunda, Gubernur Tunjuk Sekda sebagai PLh

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Manggarai, Lody Moa (Photo: Floressmart).

Floressmart- Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai terpilih (Heribertus Nabit-Heribertus Ngabut) diundur ke tanggal 25 atau 26 Februari 2021. Padahal sebelumnya, jadwal pelantikan telah ditentukan tanggal 17 Februari 2021.

Penundaan pelantikan juga terjadi di seluruh daerah yang menyelenggarakan Pilkada 9 Desember 2020.

“Kemarin ada vicon bersama Dirjen Otda Kemendagri, bersama Sekda dari kabupaten-kabupaten yang akan menyelenggarakan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Poinnya adalah pelantikan dilaksanakan pekan depan antara tanggal 25 atau 26 Februari 2021,” ujar Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Manggarai, Lodi Moa kepada wartawan, Selasa 16 Februari 2021.

Baca juga  Hari Pertama Tes CPNS, Manggarai Belum Lolos Passing Grade

Melalui video conferences, pihak Kemendagri, kata Lody, menyampaikan bahwa acara pelantikan dilaksanakan secara virtual serta memerintahkan panitia pelantikan untuk membatasi peserta yang hadir.

“Pelantikan Bupati dan Wabup terpilih dilaksanakan secara virtual, untuk menghindari klaster pelantikan. Dilantik oleh Gubernur NTT dengan Bupati dan Wabup mengikuti dari masing-masing kabupaten/kota,” urai Lody.

Terkait tempat pelantikan Bupati Manggarai, Lody Moa menjelaskan, bisa dilakukan di kantor Bupati Manggarai atau di ruang paripurna DPRD.

Baca juga  Tinggal Satu Titik Longsor, Trans Flores Segera Dilewati Kendaraan

Ditunjuk PLh

Masa jabatan Bupati Deno Kamelus dan Wabup Victor Madur berakhir tanggal 16 Februari 2021. Maka untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati Manggarai sampai tanggal pelantikan Bupati terpilih, Kemendagri melalui Gubernur NTT menunjuk Sekretaris Daerah, Jahang Fansi Aldus sebagai Pelaksana harian (PLh) Bupati.

“Besok (Rabu) dilaksanakan acara serah terima jabatan (sertijab) dari Bupati terdahulu kepada Sekda Manggarai yang ditunjuk sebagai Plh,” terang dia.

Baca juga  Tak Satupun Peserta Tes CPNS Hari Pertama Tembus Passing Grade,BKPP Manggarai : Masih Ada Harapan

Kemudian, sambung Lody, usai pelantikan Bupati terpilih dilanjutkan dengan acara serah terima jabatan dari Plh Bupati kepada Bupati terpilih. (red)

Tag: