Marselus Sudirman Dilantik Menjadi Direktur Perumda Tirta Komodo

Acara pelantikan Marselus Sudirman (Photo: Perumda Tirta Komodo)

Floressmart- Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut melantik Marselus Sudirman sebagai Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai periode 2021-2026.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilangsungkan di Aula Kantor Perumda Tirta Komodo Jalan Pelita Nomor 17 Ruteng, Rabu 1 September 2021.

Mantan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1612 Manggarai itu mengucapkan sumpah jabatan di atas kitab suci didampingi rohaniwan Katolik, Rm Benediktus Bensi, Pastor Paroki Katedral Maria Asumpta Ruteng.

Wabup Heribertus Ngabut sebagai pejabat yang melantik menjelaskan, pelantikan Marselus Sudirman berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor HK/273/2021 tentang Pengangkatan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Komodo periode 2021-2026.

Pengangkatan Marselus juga berdasarkan hasil seleksi pengangkatan Direktur Perumda Tirta Komodo yang menyatakan Marselus Sudirman layak diangkat menjadi Direktur Perumda Tirta Komodo.

Baca juga  Kebijakan Ciamik Perumda Tirta Komodo, Meteran Gratis dan Tarif Air Minum Hanya Rp1700 Rupiah per 1000 Liter

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, Bupati Manggarai Herybetus G.L Nabit, Ketua DPRD Manggarai Mathias Masir, Sekda Kabupaten Manggarai Jahang Fansi Aldus.

Hadir pula Dewan Pengawas Perumda Tirta Komodo, pimpinan Forkopimda, pimpinan BUMN/BUMD,serta rohaniawan pendamping Romo Benediktus Bensi Pr, Pastor Paroki Katedral Maria Asumpta Ruteng.

Pelantikan ini dilaksanakan pasca meninggalnya Direktur Perumda Tirta Komodo Almarhum Man Klemens di Kupang pada 16 Agustus yang lalu.

Dalam poin pertama Surat Keputusan Bupati disebutkan bahwa dengan meninggalnya Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Komodo periode 2018-2022 Man Klemens, SH maka perlu diangkat direktur yang baru.

Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut dalam Sambutannya mengatakan, pelantikan ini merupakan momentum untuk melanjutkan tata kelola manajemen perusahaan yang selama ini sudah membaik yang dibuktikan dengan predikat WTP dari BPKP Perwakilan NTT dan sistem pengelolaan air minum yang menuju sehat.

Baca juga  Bupati Deno Resmikan Air Minum IKK Satar Mese Utara

Wabub Heri berharap agar direktur yang baru terus berupaya agar kualitas, kuantitas dan kontinuitas pelayanan Perumda Air Minum Tirta Komodo semakin membaik.

“Kita berharap dalam kepemimpinan Bapak Marselus Sudirman, SH ke depan, Perumda Tirta Komodo dapat bertumbuh secara signifikan baik dari sisi pelayanan maupun manajerial perusahaan air minum yang profesional,” tegasnya.

Profil Marselus Sudirman

Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo masa bakti 2021- 2026 Marsel Sudirman, lahir di Lamba pada 8 Mei 1966 dan menamatkan pendidikan strata satu hukum tahun 1992.

Marsel kemudian lulus tes sekolah perwira TNI Angkatan Darat pada tahun 1995. Selama aktif sebagai prajurit, Marsel menjejal berbagai pendidikan dan pelatihan militer di antaranya Sekolah perwira Sospol tahun 1998, Sekolah guru militer tahun 2000, Sekolah Komandan Kompi Senapan tahun 2003, dan sekolah lanjutan perwira tahun 2004.

Baca juga  Target Pertumbuhan Ekonomi Manggarai Kecil Disorot DPRD

Sementara ketika menjadi mahasiswa Undana Kupang, Marsel dikenal aktif pada organisasi kemahasiswaan. Marselus tercatat sebagai kader aktif Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) tahun 1990. Di cabang olahraga beladiri Marselus merupakan anggota Ikatan Karatedo Indonesia (INKAI) tahun 2003.

Selain itu, beberapa prestasi yang pernah ia raih di antaranya: Lulusan Terbaik Sekolah Perwira Sospol (1998), Meraih Medali Perunggu, PORPROP NTT (2012) dan Nominator Tulisan Terbaik TNI (2013).

Visi Direktur Marsel dalam kepemimpinannya di Perumda Air Minum Tirta Komodo yakni; “Terwujudnya Perumda Tirta Komodo Kabupaten Manggarai yang mandiri dan pelayanan prima menuju masyarakat Manggarai yang sejahtera, makmur, aman dan merata,” (js)

Tag: