Panglima TNI dan Kapolri Resmikan Brimob Presisi Labuan Bajo

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meresmikan Kompleks Brimob Presisi Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo (ist).

Floressmart- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meresmikan Kompleks Brimob Presisi Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo Satbrimob Polda NTT, Sabtu (6/11/2021).

Tiba di lokasi Kompleks Brimob Desa Batu Cermin , Kecamatan Komodo, Panglima TNI dan Kapolri disambut dengan jajar kehormatan oleh gabungan personel Brimob dan TNI. Selanjutnya Panglima TNI dan Kapolri berkesempatan melakukan penanaman pohon.

Hadir juga dalam kegiatan ini Ketua Bhayangkari Pusat Juliati Sigit Prabowo, para pejabat utama Mabes Polri dan Pejabat Mabes TNI serta Forkopimda NTT dan Forkopimda Manggarai Barat.

Peresmian Komplek Brimob Presisi Kompi 4 Batalyon B Pelopor ini ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita peresmian oleh Panglima TNI dan Kapolri.

Dalam kesempatan ini, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan ungkapan syukur bisa hadir dan bertatap muka sekaligus meresmikan komplek Brimob Presisi Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo.

Baca juga  BOPLBF Bersama Dinkes Mabar Gelar Pelatihan Makanan Olahan Cepat Saji

Kapolri dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa mako Brimob Presisi belum bisa diresmikan sekarang mengingat proses pembangunan sarana prasarana sedang berjalan.

“Namun yang paling penting dan paling berharga pada saat ini adalah karena kehadiran bapak Panglima TNI sehingga bagi kami ini adalah saat yang tepat untuk bermohon kepada Bapak Panglima untuk dapat  mau membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk soliditas dan sinergitas yang selama ini kita bangun bersama-sama”, ucap Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri sendiri juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolda NTT dan Bupati Manggarai Barat yang telah menghibahkan tanah untuk dibangun Kompleks Brimob.

“Terimakasih pak Kapolda dan kerja keras dari seluruh rekan-rekan sekalian yang selama beberapa bulan bekerja sama setelah mendapatkan hibah dari Pak Bupati. Terima kasih Pak Bupati,” ucapnya ke Bupati Esdistasius Endi.

Baca juga  Tinjau Vaksinasi di Labuan Bajo, Panglima TNI dan Kapolri Puji Kesadaran Masyarakat

Kapolri dalam sambutannya juga menyemangati pasukan Brimob yang bertugas di Labuan Bajo dari sejak tak ada kantor maupun asrama.

“Tadinya dilaporkan bahwa sebelumnya rekan-rekan masuk ke sini kemudian tinggal di bedeng-bedeng, tapi rekan-rekan tetap semangat dan saat ini setelah tanah ini kemudian dibersihkan, rekan-rekan juga ikut membangun dan alhamdulillah hari ini jadi. Ada satu kata buat kalian, kalian hebat. Terus Pertahankan semangat tersebut, masyarakat sangat membutuhkan kalian,” ujar Kapolri menyanjung anak buahnya.

Saat ini wilayah Labuan bajo, Manggarai Barat menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas sehingga kehadiran pasukan Barimob menurutnya sangat perlu untuk menjaga stabilitas kamtibmas.

“Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan yang ada, ke depan tentunya kita akan mempersiapkan satgas satker lain yang dibutuhkan, seperti Polisi Pariwisata kemudian Polair yang tentunya kita sesuaikan dan kemudian kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan untuk bisa mengamankan baik itu masalah kamtibmas ataupun hal-hal yang dibutuhkan manakala terjadi kejadian-kejadian di sekitar Labuan Bajo, khususnya kemampuan-kemampuan SAR, kemampuan-kemampuan menangani bencana. Tentunya itu harus terus ditingkatkan,” cetus Kapolri.

Baca juga  Dukung Pariwisata Super Premium, BOPLBF Lakukan Tour De Florata

“Dan tidak kalah penting adalah bagaimana kita terus menjaga sinergitas dan soliditas yang selama ini terus terbangun dan itu sudah terbukti bahwa itu adalah kunci utama kesuksesan kita selama ini. Oleh karena itu harus kita pertahankan dalam penanganan covid telah terbukti dengan solid, dengan sinergi yang ada kita saat ini berada di posisi nomor satu di Asia Tenggara,” tambahnya.

Kapolri pun berharap untuk selalu mengawal destinasi prioritas agar lebih dikenal di dunia internasional.

“Dan itu semua bisa terjadi kalau sinergitas, soliditas antara TNI, Polri bersama-sama juga pemerintah daerah bersama-sama bergerak di lapangan dan membuktikan bahwa Labuan Bajo siap untuk menjadi super destinasi pariwisata internasional,” ujarnya.

Kepada seluruh anggota Brimob yang telah terlibat dalam proses pembangunan Kompleks Brimob Presisi di Labuan Bajo Kapolri menjanjikan fasilitas.

“Nanti kita akan segera lengkapi segala kebutuhan yang ada sehingga Brimob Presisi Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo Korps Brimob Polda NTT betul-betul lengkap,” tutup Kapolri. (js)

Tag: