Manggarai Berbangga, Wae Rebo Juara 1 Anugerah Desa Wisata 2021

Kampung adat Wae Rebo (Foto: ist).

Floressmart- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) mengumumkan kampung Adat Wae Rebo, Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 kategori Daya Tarik Wisata.
ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada 50 desa wisata yang  memiliki prestasi berdasarkan penilaian juri Kemenparekraf.
Malam penganugerahan Desa Wisata Indonesia 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertemakan ‘Indonesia Bangkit’ disiarkan secara langsung melalui akun YouTube resmi Kemenparekraf pada Selasa malam, 7 Desember 2021.
Acara ini dipandu Raffi Ahmad dan Ayu Dewi. Hadir juga sederet artis ternama yakni Krisdayanti, Nasar, Aurel Hermansyah, Atta Halilintar, Beauz, Alffy Rev dan Novia Bachmid.
Piala penghargaan untuk Desa Wisata Adat Wae Rebo diterima oleh Frans Mudir selaku Ketua Masyarakat Adat Wae Rebo.
Ajang ini bertujuan untuk mendorong desa-desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia yang berdaya saing tinggi.
ADWI 2021 telah dibuka pada 30 April dan ditutup 16 Juli lalu.  Setidaknya sebanyak 1.831 desa wisata yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi ini.
Beberapa kategori dinilai juri dalam ajang ADWI 2021 ini yakni kebersihan, kesehatan, keselamatan (keamanan), dan kelestarian lingkungan atau CHSE, desa digital, suvenir (kuliner, fesyen, kriya);  daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, penginapan dan toilet.
Menteri Pariwisata dan Eknomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berharap, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bisa membantu desa wisata di Tanah Air untuk berjuang bangkit di tengah pandemi COVID-19.
Anugerah Desa Wisata diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk desa wisata di Indonesia agar bisa bangkit di era pandemi Covid-19.
“Anugerah Desa Wisata diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk desa wisata di Indonesia agar bisa bangkit di era pandemi,” kata Sandiaga Uno dikutip dari ViVa.
Menurut Sandiaga Uno, kegiatan ini juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata.
Manfaat promosi
Sementara itu, Bupati Manggarai Heribertus Nabit yang juga hadir pada acara tersebut menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga Desa Wisata Adat Wae Rebo menjuarai ADWI 2021.
Bupati Hery mengatakan, penghargaan tersebut diharapkan dapat membangkitkan semangat wisatawan untuk berkunjung ke Wae Rebo.
“Jadi, atas kejuaraan ini, saya rasa ada manfaat promosi. Di sisi lain, itu berarti kita ditantang untuk melayani semua kebutuhan wisatawan dengan cara-cara yang lebih baik, atau bisa bermanfaat bagi perbaikan tata kelola ke depannya,” kata Bupati Heri kepada wartawan.
Dia menjelaskan, konsep pengembangan Pemerintah Kabupaten Manggarai untuk Wae Rebo ke depannya tidak lagi hanya membangun Kampung Wae Rebo itu sendiri, melainkan membangun kawasan Wisata Wae Rebo lainnya yang meliputi 7 Desa, yaitu Borik, Satar Ruwuk, Satar Lenda, Wongka, Satar Luju, Ceka Luju, dan Nuca Molas.
“Itu berarti pariwisata Wae Rebo, harus memberi manfaat juga bagi masyarakat di sekitarnya,” cetusnya. (js)

Baca juga  Simulasi Bencana, Helikopter BNPB Mendarat di Wae Rebo
Tag: