Antisipasi Arus Mudik Nataru, Pelabuhan Kelas 2 Reo Bikin Posko Pengawasan

Kepala Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan Kelas 2 Reo, Kapten Desmon S. Menno ( Photo : Berto)

Floresmart- Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Republik Indonesia telah menginstruksikan agar semua pelabuhan membuka posko-posko pengawasan lalu lintas kapal yang masuk dan keluar pelabuhan menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Posko pengawasan di Pelabuhan Kelas 2 Reo, Kabupaten Manggarai, NTT juga telah berjalan.

Kepada wartawan di Ruangan kerjanya, Rabu (22/12/2021), Kepala Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan Kelas 2 Reo, Kapten Desmon S. Menno mengatakan antisipasi kapal masuk dan keluar lewat laut telah mulai dilakukan pasca adanya penetapan dari otoritas kepelabuhan sejak 18 Desember lalu untuk membuka posko pengawasan.

Baca juga  Manggarai Nol Persen Covid-19, Pelabuhan Reo Masih Terapkan Prokes Ketat

“Khusus untuk Natal dan Tahun Baru, kita telah buka posko pengawasan. Sudah jalan beberapa hari ini pasca penetapan secara Nasional, beberapa waktu lalu,” katanya.

Dikatakan, posko itu sengaja dibuka dan dioperasikan guna memantau dan mengawasi arus kapal masuk dan keluar.

Kapal yang masuk dan keluar itu tentu membawa orang dan barang yang masuk dan keluar menjelang, saat, dan pasca perayaan Natal dan pergantian tahun nantinya.

Baca juga  Manggarai Nol Persen Covid-19, Pelabuhan Reo Masih Terapkan Prokes Ketat

Menurut Dia, pengawasan perlu dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang di luar perkiraan.

“Hal-hal seperti itu perlu diantisipasi mengingat arus orang dan barang biasanya sangat tinggi saat liburan untuk merayakan hari keagamaan dan perayaan pergantian tahun” tutur Desmon.

Dalam pengawasan itu, lanjut Kapten Desmon, juga masuk soal pengecekan dokumen berkaitan dengan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Dalam aturan jelas bahwa orang atau penumpang harus mengantongi syarat perjalanan seperti hasil rapid antigen, sertifikat vaksinasi, dan lain-lain.

Semua prosedur itu, tutur Dia, diikuti dengan baik di Pelabuhan Kelas 2 Reo. Hal itu penting sekali dalam rangka mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19 di Manggarai raya khususnya dan Flores umumnya.

Baca juga  Manggarai Nol Persen Covid-19, Pelabuhan Reo Masih Terapkan Prokes Ketat

Untuk protokol kesehatan itu, semua personel yang masuk dalam Satgas Penanganan Covid siaga di tempatnya masing-masing.

Sementara itu seorang warga Nazamudin mengatakan, tidak ada yang luar biasa di Pelabuhan Kelas 2 Reo, hari-hari belakangan ini.

Kapal yang masuk dan keluar biasa saja dan jumlahnya tidak seberapa juga baik kapal penumpang maupun barang.

Menurut Dia, lonjakan penumpang untuk Nataru di pelabuhan Kelas 2 Reo biasa terjadi pada tanggal 23 dan 24 tetapi itupun tidak seberapa. (Berto Davids)

Tag: