Wae Rebo, Nominasi ASEANTA Award For Excellence 2016

Iwan Manasa Saat Menerima Piagam Penghargaan Wae Rebo, Senin malam 30/11

Iwan Manasa Saat Menerima Piagam Penghargaan Wae Rebo, Senin malam 30/11

floressmart.com- Wonderful Indonesia siap untuk memenangkan ajang ASEANTA (ASEAN Tourism Association) Awards for Excellence yang akan dipertandingkan di Manila 19 Januari 2016 mendatang. Dalam ajang ASENTA Awards For Excellence 2016, ada 6 kategori yang dikompetisikan. Keenam kategori itu adalah: Best ASEANTA Tourism photo, Best ASEANTA Travel Article, Best ASEANTA Marketing & Promotional Campaign, Best ASEANTA New Tourism Attraction, Best ASEANTA Airline Program For ASEAN dan Best ASEANTA Cultural Preservation Efforts.

“ASEANTA Awards 2016 dengan tagline ‘Striving for Excellence’ dimaksudkan untuk mengapresiasi berbagai upaya terbaik dalam mendukung pariwisata di kawasan ASEAN. Kita sudah menerima 29 karya anak bangsa dari 6 kategori yang akan diperlombakan. Karya-karya itu kita sudah kirim ke Sekretariat ASEANTA di Malaysia beberapa waktu lalu”, ungkap I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasarana Mancanegara Kementerian Pariwisata,Senin malam (30/11).

Baca juga  Iwan Manasa : Generasi Milenial Jangan Hanya Jadi Alat Politik

Jelang ajang kompetesi ini di Manila, tim promosi pariwisata untuk Wae Rebo, Iwan Manasa, Kanisius T Deki, Aprila Moenaf, Iqbal dan Ridho juga diundang untuk menghadiri Malam Penganugerahan Branding Pariwisata di Hall Room Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenerian Pariwisata RI.

“Wae Rebo menjadi salah satu nominator dalam ajang ini di Manila untuk bidang Best ASEANTA Cultural Preservation Efforts. Malam hari ini kami berbangga hati menerima penghargaan Kemenpar. Ini menunjukkan Wae Rebo makin dicintai masyarakat Indonesia”, ujar Iwan Manasa disela-sela acara Malam Penghargaan.

Baca juga  Asian Games 2018 Ajang Pembuktian Prestasi Anak Muda

Sementara alasan keterpilihan Wae Rebo sebagai karena merupakan salah satu destinasi wisata budaya warisan leluhur masyarakat Manggarai.

“Wae Rebo memiliki kekayaan alam luar biasa. Pesona keindahan alam sangat memikat. Selain itu, kekayaan warisan budayanya luar biasa. Jika datang ke sana, kita seolah-olah anak yang pergi merantau dan pulang kembali ke rumah setelah bertahun-tahun. Ada suasana kekeluargaan yang hangat”, ujar Nick Deki, sebagai anggota tim promosi Wae Rebo.

Baca juga  Revisi UU Antiterorisme Disahkan, Politisi PD Bersyukur

Rufinus Lahur, seorang tokoh Manggarai di Jakarta mengomentari peristiwa keterpilihan Wae Rebo sebagai sesuatu yang seharusnya. “Wae Rebo memiliki daya pikat ilahi yang diekpresikan leluhur orang Manggarai dalam rupa bangunan, struktur kampong dan pola hidup. Saatnya kita meneruskan dan menghayati nilai-nilai spiritual ini untuk menjadi kekuatan dalam membangun kehidupan”, imbuhnya disertai rasa bangga.

Bagi tim promosi tempat wisata yang lolos dalam kompetisi di Manila 19 Januari 2016 akan diundang menghadiri Malam Penganugerahan ASEANTA di ibu kota Negara Philipina.

“Kita berharap, Wae Rebo terpilih diajang perlombaan ini,” ujar Deki seraya berharap hal itu juga melecut komitmen masyarakat Manggarai untuk mencintai warisan alam dan budayanya.(nk)

 

Tag: