Ritus Adat Orang Manggarai

Kanisius T Deki saat mengikuti salah satu ritual pembangunan rumah adat kampung Tenda.

Dalam cinta yang tak terbatas, melampaui dunia dan waktu, mereka akan membantu manusia yang masih berjuang di dunia oleh karena permohonan manusia yang masih hidup melalui kurban tertentu sesuai dengan ujud.

Kurban yang dipersembahkan sebagai simbol cinta manusia terentang mulai dari telur ayam (ruha manuk), ayam (manuk), babi (ela), kambing (mbe), kuda (jarang) hingga yang paling besar adalah kerbau (kaba). Telur dan darah hewan kurban adalah simbol kehidupan.

Baca juga  Kopkardios Membangun Ekonomi Manggarai Timur

Telur adalah rumah sekaligus awal kehidupan. Darah adalah kehidupan itu sendiri. Hewan kurban memiliki warna tersendiri (wulu) seturut tata upacara dan intensinya. Warna putih melambangkan kesucian dan kemurnian.

Ayam jantan putih dipersembahkan pada ritus Wuat Wa’i (perutusan). Ungkapan yang utama pada doa (torok) Wuat Wa’i adalah “poro neho lalong bakok du lakom, neho lalong rombeng du kolem” (semoga engkau seperti ayam jantan putih sewaktu menuju tempat perjuangan, seperti ayam berwarna-warni tatkala engkau kembali).

Baca juga  Romanus Woga: Dian yang Terus Menyala

Ungkapan ini memiliki makna bahwa seseorang yang diutus harus memiliki kesucian batin untuk memenangkan perjuangan dan berhasil sebagai pemenang dalam pertarungan kehidupan sehingga ia memiliki kesemarakan bagaikan ayam berbulu warna-warni.

Tujuan Ritus

Ritus orang Manggarai dilaksanakan karena ada maksud dan tujuan. Sebuah ritus lahir karena memberikan jawaban atas pertanyaan tentang kenyataan pun masalah yang dihadapi. Kehamilan misalnya adalah kenyataan tentang proses cikal bakal kelahiran seorang manusia.

Baca juga  Cara Puskopdit di Manggarai Perkuat Kapasitas Karyawan

Karena itu ritus Lamba Wakas adalah sebentuk doa yang dimaksudkan agar ibu sang bayi tetap sehat dan aman, bebas dari gangguan roh jahat. Ritus Cear Cumpe dan Teing Ngasang merupakan pengukuhan status seorang anak kepada masyarakat.

Beri rating artikel ini!
Ritus Adat Orang Manggarai,4 / 5 ( 4voting )
Tag: