Membangun Karakter Pemuda di Era Milenial

Untuk kelompok usia pemuda, mereka yang berada dalam rentang usia 16-30 tahun, sebagian pasti sedang mengumpulkan pengetahuan dan ketrampilan di sekolah, kampus atau tempat-tempat pendidikan lain. Mereka terus belajar sampai jenjang tertinggi. Namun, ada sebagian lain yang sudah harus bergelut mencari penghidupan. Padahal, saudara-saudara kita ini masih terbatas bekalnya untuk bekerja.

Siapa pun mereka, 20 tahun mendatang mereka adalah pengelola negeri ini. Saat itu dunia menghadapi persoalan luar biasa karena beban dan tekanan populasi manusia yang semakin besar. Ruang hidup, air, pangan, dan energi adalah isu-isu pokok yang harus dikelola agar kebutuhan itu dapat dipenuhi, sementara lingkungan hidup dapat terus terpelihara.

Baca juga  Iwan Manasa : Generasi Milenial Jangan Hanya Jadi Alat Politik

Kelangkaan sumber-sumber daya tersebut sangat potensial menjadi sumber konflik besar. Pemuda Indonesia memerlukan segenap upaya dari kita bersama agar kelak, ketika tiba saatnya memimpin, mereka sudah benar-benar siap menghadapi persoalan dalam mengelola Indonesia.

Persoalan mendesak ini harus kita tentukan jalannya dengan segera. Baik oleh Pemerintah, DPR, pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat luas. Pada titik ini, tidak ada pesan moral yang lebih bijak, selain mengajak semua pihak untuk menggunakan pola dan pendekatan arus-utama kepemudaan dalam setiap upaya pembangunan.

Baca juga  Mahasiswa UGM Mengabdi di Desa Robek Manggarai

Target kita, sebanyak mungkin pemuda mampu memiliki produktivitas tinggi dan kompetitif. Terutama bagi mereka yang sudah harus mencari penghidupan. Mereka memiliki kelebihan untuk dapat bersaing, di pasar domestik maupun internasional.

Seluruh rangkaian ini dimaksudkan untuk memicu para pemuda, generasi milenial, agar terlibat, berpikir, dan peduli pada komunitas di sekitarnya. Juga pada bangsanya. Memicu pula aktivitas-aktivitas yang digagas dan dilakukan sendiri oleh anak-anak muda. Kita berharap, cerita-cerita kepeloporan pemuda akan semakin banyak dan semakin mudah ditemui, serta bergulir cepat di antara kaum muda sendiri.)***

Baca juga  Asian Games 2018 Ajang Pembuktian Prestasi Anak Muda

Artikel ini dilansir dari portal www.jpnn.com

Beri rating artikel ini!
Tag: