Bupati Manggarai: Sektor Pertanian dan Hortikultura Tetap Jadi Prioritas

Bupati Manggarai Deno Kamelus, Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat dan Dandim 1612 Manggarai Letkol Inf Rudi Markiano Simangunsong foto bersama di lokasi pengembangan hortikultura di Ruteng | Foto: Tim Humaspro Manggarai.

Floressmart- Bupati Deno Kamelus menyampaikan bahwa sektor pertanian dan hortikultuta tetap menjadi prioritas pembangunan Pemkab Manggarai saat ini. Demikian itu ia sampaikan saat mendampingi Gubernur Nusa Tenggara Timur, Victor Bungtilu Laiskodat ketika berkunjung ke lokasi pengembangan hortikultura di Demplot Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kodim 1612 Manggarai di lokasi Bandar Udara Frans Sales Lega Ruteng, Kelurahan Satar Tacik, Jumat, 14 Juni 2019 lalu.

“Mengapa ini menjadi prioritas? Karena kontribusi terbesar PDRB daerah ini adalah dari sektor pertanian dan hortikultura. Selain itu, serapan tenaga kerja juga tinggi. Dengan digenjotnya sektor ini maka pendapatan petani hortikultura meningkat. Tentu juga dalam rangka pengembangan pariwisata, kita mengambil bagian menyiapkan hortikultura dan mensuplai kebutuhan,” kata Bupati Deno seperti dikutip dari laman facebook humas dan protokol bupati Manggarai.

Baca juga  Bupati Deno : Warga Kota Ruteng Butuh 1 Juta Lebih liter Air Per Hari

Dalam kaitannya dengan pemafaatan lahan tidur yang ada di kawasan Bandara Frans Sales Lega tersebut, Bupati Deno Kamelus berharap agar kegiatan yang dilakukan bersama Kodim 1612 Manggarai dapat dijadikan sebagai kebun percontohan bagi para petani yang ada di Manggarai.

“Di belakang (lokasi pengembangan hortikultura) ini ada dua sumber air. Sepanjang tahun tidak pernah mati dan kita berdayakan. Dan inilah hasilnya sekarang. Dan ini akan menjadi tempat pembelajaran bagi para petani saya. Tidak perlu jauh-jauh mereka belajar, dari mengolah lahan, pemupukan, penyiraman sampai pemasaran,” ujarnya seraya berharap agar adanya program ini membawa perubahan pada cara berpikir para petani dan kultur pertanian di Manggarai. .

Baca juga  Kesan yang Melekat pada Deno Kamelus Tentang Christian Rotok

Sementara itu, Dandim 1612 Manggarai, Letkol Rudi Markiano Simangungsong dalam kesempatan itu menjelaskan, pemanfaatan lahan ini adalah untuk mendukung program dari Pemerintah Daerah.

“Kita mensupport pemerintah daerah. Saya punya recources, sumber daya punya, manusia punya. Ini yang kita tangkap, kita sinkronkan, dan tujuan utama kita mengedukasi orang, menginspirasi orang,” jelasnya.

Selain itu, menurutnya, pemanfaatan lahan ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat. Dengan dimanfaatkannya lahan tersebut, diharapkan agar masyarakat bisa dibangun kesadarannya untuk mengoptimalisasi segenap potensi yang ada.

Baca juga  Tidak Hanya ASN, Guru Komite di Manggarai Juga Dapat Tambahan Penghasilan

Gubernur NTT beri apresiasi

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Victor Bungtilu Laiskodat, pada kesempatan itu menyampaikan apresiasinya atas kerja Pemkab Manggarai dalam menyukseskan program pengembangan hortikulutra ini.

Menurutnya, pengembangan areal yang ditanami dengan berbagai jenis sayuran pada lokasi tersebut menandakan pemimpin daerah ini tidak tidur. “Lahan itu tidak mati. Hanya manusianya mati. Namun dengan kegiatan seperti ini menandakan pemimpinnya tidak tidur,” ujar Gubernur Laiskodat.

Peninjauan lokasi pengembangan hortikultura ini kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan panen buah tomat secara simbolis oleh Gubernur NTT, didampingi oleh Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus SH.MH. Turut menyaksikan dalam kesempatan itu Wakil Bupati Manggarai Timur Stefanus Jagur, Dandim 1612 Manggarai Letkol Rudi Markiano Simangungsong, Penjabat Sekda Manggarai Anglus Angkat, dan Kepala Bandara Frans Sales Lega Ruteng, Ahmad. (js)

Tag: