Carolus Kale Bale, SVD: Pahlawan Kemanusiaan Manggarai

Membangun Panti Asuhan

Teks Injil Lukas 11:27-28 sangat memberi pengaruh pada P. Kale. Dalam teks itu, seorang perempuan yang menjadi pendengar Yesus berteriak: “Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau.” Tetapi Ia berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.” P. Kale sudah mengikuti Yesus dengan penuh kesetiaan. Ia bukan saja menjadi pendengar. Dia adalah pemelihara Sabda. Menimba kekuatan dari Sabda dan menjalankannya dalam kehidupan kongkrit.

Baca juga  Ritus Teing Hang Empo dan Usaha Melawan Lupa

Di bagian lain, kisah tentang pengadilan terakhir injil Mateus 25:35-40, sangat menginspirasi P. Kale sehingga kemudian dia mendirikan panti asuhan bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongannya. Teks lengkap berbunyi demikian:

“Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan;  ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian? Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau? Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.” 

Baca juga  Negarawan Itu Bernama Xanana Gusmao
Tag: