13 Amanat Kapolda NTT untuk Pasukan Pengamanan Pilkada Manggarai

Upacara pergeseran pasukan pengamanan Pilkada Manggarai (Photo : Floressmart).

Floressmart- Apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manggarai 2020 digelar di lapangan upacara Mapolres Manggarai, Senin 7 Desember 2020. Apel pasukan dipimpin Kapolres Manggarai, AKBP Mas Anton Widyodigdo.

Hadir dalam acara tersebut, Komandan Kodim ( Dandim) 1612 Manggarai Letkol Kav Ivan Alfa, Danki Brimob Kompi 2 Yon B, serta para pemuka agama.

Sementara peserta upacara terdiri dari satu pleton Kodim 1612 Manggarai, Brimob Kompi 2 Yon B Pelpor Manggarai, BKO Polres Nagekeo, BKO Polres Manggarai Timur dan satu pleton anggota Polres Pengamanan TPS.

Dalam kesempatan itu AKBP Mas Anton Widyodigdo membacakan 13 amanat Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif, sebagai berikut :

1. Apel Gelar Pergeseran Pasukan yang diselenggarakan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan serana prasarana Polri sebelum diterjunkan ke lapangan dengan demikian diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dalat berjalan dengan optimal dalam rangka mensukseskan pengamanan Pilkada serentak Kabupaten Manggarai tahun 2020.

Baca juga  Masyarakat Manggarai Sudah Cerdas, Demokrasi Tak Bakal Rusak oleh Segelintir Orang

2. Bagi segenap anggota siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

3. Petakan setiap kerawanan pada setiap tahapan pilkada serta lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen didukung Bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat.

4. Implemintasikan asta siap secara maksimal sehingga pengamanan Pilkada 2020 dapat benar-benar kita laksanakan secara optimal.

5. Perkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu unsur TNI dan segenap komponen masyarakat.

Baca juga  AMAN┬áSuntik Energi┬áKemenangan ke DM

6. Bagi segenap anggota Polri yang melaksanakan pengamanan, jaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

7. Tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman terorisme yang memanfaatkan momen Pilkada 2020 khususnya wilayah yang memiliki kerawanan serta berpotensi dijadikan target oleh pelaku.

8. Lakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran tindak pidana pemilu secara terpadu melalui sentra Gakummdu.

9. Berikan petunjuk yang jelas kepada anggota sebelum bertugas serta pedomani aturan dan S.O.P yang berlaku untuk menghindari keraguan dan kesalahan prosedur dalam setiap pelaksanaan.

10. Siapkan rencana pengamanan kontijensi serta latihan kepada seluruh personil sehingga mampu menghadapi eskalasi ancaman yang mengarah pada situasi kontinensi.

11. Lakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan operasi dan kinerja anggota untuk meminimalisasi terjadinya penyimpanagan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Baca juga  Pendaftaran Heri-Hery Selesai Berkas Dinyatakan Lengkap

12. Tetap padomani Protokol Kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dalam melaksanakan pengamanan di lapangan serta menghimbau juga masyarakat yang ke TPS untuk ikut mematuhi protokol kesehatan.

13. Lakukan Pengawasan dan pengendalian tugas personil dilapangan terutama para perwira penanggung jawab wilayah maupun PJU Polres Manggarai sesuai dengan Tupoksi dan S.O.P masing – masing satuan.

Pelibatan personil dalam Pilkada Kabupaten Manggarai tahun 2020 ini sebagai berikut :. BKO Polres Nagekeo sebanyak 30 Personil, BKO Brimob Kompi 2 Yon B Pelopor Manggarai sebanyak 39 personil, BKO Brimob Maumere sebanyak 11 personil, BKO Brimob Bali sebanyak 30 personil, BKO Kodim 1612 Manggarai 30 personil, Personil Polres Manggarai sebanyak 296 orang, Satuan Linmas sebanyak 1.389 petugas. (js)

Tag: