Tahun 2022 Desa Siru Fokus Benahi Infrastruktur Jalan dan Jembatan serta Pemberdayaan

Musrenbangdes Desa Siru untuk tahun rencana 2022. (photo : Sumardi).

Floressmart- Pemerintah Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun rencana 2022.

Fransiskus Usman, yang mewakili Camat Lembor dalam sambutanya mengatakan, Musrenbangdes merupakan model perencanaan partisipatif ditingkat Desa, yang melibatkan semua komponen masyarakat yang ada di Desa.

Baca juga  Sudahkah Kita Siap Menyambut Ramadhan?

“Masyarakat dapat mengusulkan prioritas kegiatan dan program yang akan dibiayai DD, APBD II, dan APBD I, untuk tahun 2022,” kata Usman di Kantor Desa Siru, Kamis 18 Februari 2021.

Dijelaskan Fransiskus Usman, untuk kegiatan dan program yang bersumber dari DD (Dana Desa), nantinya akan diperdalam pada forum musyawarah Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) pada September mendatang.

Baca juga  Dinas Pertanian Mabar Teken MoU KUR Pertanian dengan Pemdes Siru

“Kita fokus pembahasan program yang sumber anggaranya dari APBD II, dan APBD I,” jelasnya.

Kepala Desa Siru, Sumardi, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa hasil Musrenbangdes berupa usulan program dan kegiatan, mulai dari infrastruktur jalan raya, jalan usaha tani, jembatan dan program pemberdayaan.

“Program yang diusulkan tersebut antara peningkatan jalan Pertigaan Lendo – Tado Bara, jembatan Wae Sembo, peningkatan jalan Wae Sembo – Siru Puu, Peningkatan Jalan Wae Sembo Lita, dan sejumlah jalan usaha tani,” papar Sumardi.

Baca juga  Mengenang Pengorbanan Ibrahim dan Ismail

Musrenbangdes ini dihadiri oleh pihak kecamatan, Ketua BPD dan anggota, Bhabinkamtibmas Polsek Lembor, pendamping desa, pendamping lokal desa, penjabat desa persiapan Siru Langkerembong, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan dan bidan desa. (js)

Tag: