Puluhan Pekerja Toko di Ruteng Positif COVID-19

Jubir Satgas Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus Moa (photo: floressmart).

Floressmart- Sedikitnya 25 orang karyawan yang bekerja di tiga unit usaha yakni Toko Karya Ruteng, CV. Panca Abadi Nusantara, dan CV. Indomukti Perkasa terpapar COVID-19.
Klaster pertokoan kota Ruteng ini diketahui setelah beberapa karyawan yang bekerja di tiga unit usaha tersebut menjalani pemeriksaan rapid antigen (RDT-Ag) secara mandiri dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi Positif COVID-19.
Tes mandiri dilakukan karena beberapa karyawan mengalami demam batuk dan sesak nafas.
Curiga dengan situasi tersebut, pemilik usaha bernama Vinsen mengambil inisiatif dengan meminta seluruh karyawan yang berjumlah 36 orang melakukan pemeriksaan rapid test antigen dengan seluruh biaya pemeriksaan ditanggung perusahaan.
“Dari hasil pemeriksaan rapid test yang telah dilakukan di klinik swasta , 25 orang karyawan terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Vinsen, Rabu 24 Februari 2021.
Ditambahkan dia, para pekerjanya itu langsung melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari.
“Dari hasil pemeriksaan rapid test yang telah dilakukan di klinik swasta , 25 orang karyawan terkonfirmasi Positif COVID-19,” imbuhnya.
Sementara, Juru Bicara Satgas COVID-19, Lody Moa menjelaskan, petugas kesehatan tengah melakukan penelusuran kontak erat dan melacak sumber penularan yang menjangkiti 25 orang karyawan di tempat usaha milik Vinsen.
“Sedangkan terkait aktivitas usaha, pemilikĀ  bersedia menutup sementara selama sepekan semua aktivitas di tempat usahanya untuk dilakukan disinfeksi,” tutur Lody Moa.
Sehubungan dengan adanya klaster pertokoan, sambung Lody, Satgas mengimbau agar seluruh pemilik toko dan usaha yang mempekerjakan karyawan di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai untuk melakukan RDT-Ag secara rutin.
“Satgas COVID-19 juga meminta kepada seluruh warga masyarakat Manggarai yang seminggu terakhir pernah berbelanja atau pernah kontak erat dengan karyawan yang sudah terkonfirmasi Positif COVID-19 diminta untuk segera melaporkan diri kepada Satgas COVID-19 untuk melakukan rapid test antigen secara mandiri,” ajaknya.(js)

Baca juga  Dua Pasien COVID-19 Meninggal di RSUD Ben Mboi, Jumlah Kematian Sudah 24 Orang
Beri rating artikel ini!
Tag: