API Award 2021 Digelar di Labuan Bajo, Gubernur NTT Incar Kemajuan Pariwisata

 

Gubernur Victor Laiskodat mendengar laporan panitia API Award (Photo : Istimewa).

Floressmart- Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan malam Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021.

Pelaksanaan malam API tersebut akan berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat pada Kamis 20 Mei 2021 mendatang.

Semua pihak yang dipercayai menjadi panitia dalam ajang bergengsi itu pun tengah mempersiapkan diri dengan segala upaya dan kerja keras, mulai dari persiapan hingga pemantapan.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memberi apresiasi atas kerja keras panitia menyongsong malam API Award 2021 yang akan digelar di Inaya Bay Komodo Resort, Labuan Bajo.

“Saya minta panitia harus bekerja sungguh-sungguh agar sukses, karena NTT sudah dikenal dengan branding pariwisata  sebagai Prime Mover pembangunan di NTT,” kata Laiskodat saat dimintai komentar oleh awak media, Senin 17 Mei 2021.

Baca juga  Molor 5 Jam, Gubernur NTT Kecewakan Anak SD Colol

“Kita harus tunjukan kerja yang  terpadu dan berkualitas, sehingga NTT pantas menjadi tuan rumah event tersebut apalagi Labuan Bajo telah ditetapkan dan terus didandandi sebagai destinasi super premium di Indonesia,” tambahnya.

Ia berharap API Award ini memberi dampak bagi pertumbuhan dan perkembangan serius pariwisata di NTT terutama Sumber Daya Manusia (SDM).

Dikatakannya, NTT harus punya hospitality dan SDM yang benar-benar berkualitas untuk bisa memajukan pariwisata, contohnya melalui amenitas dan atraksi yang berkualitas yang pantas dikonsumsi oleh wisatawan yang berkunjung ke NTT.

Katanya lagi, hospitality harus benar-benar bisa menjadi budaya masyarakat NTT. Standarisasi kebersihan, produk kerajinan tangan, dan atraksi seni budaya harus menarik minat para pengunjung.

Selain itu penguasaan Bahasa Asing seperti Bahasa Inggris harus menjadi perhatian serius kita semua karena dampak positif dari penguasaan Bahasa Asing secara terampil pasti membawa pariwisata NTT yang optimal.

Baca juga  Gubernur dan Uskup Ruteng Diskusi Empat Mata Bahas Pembangunan dan Moratorium Tambang

“Pariwisata NTT harus ditata kelola dengan manajemen terbaik sehingga pariwisata bisa merubah mindset atau SDM manusia agar lebih berkeadaban. Perlu diingat, bahwa Malam API Award 2021 ini baru menjadi pekerjaan minimal, pekerjaan maksmimalnya adalah Pariwsata harus bisa dikembangkan menjadi industri, dan memberi dampak yang maksimal bagi kemajuan ekonomi masyarakat NTT dan juga SDM” tuturnya.

Menurutnya, menjadi tuan rumah bukanlah pekerjaan yang main-main. Pekerjaan itu hanya bisa dilakukan dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja di luar kebiasaan “out of the box”.

“Mari kita komit untuk hasilkan SDM pariwisata yang berkualitas dan konsep ini juga memang harus diterapkan di 7 (tujuh) Destinasi prioritas sebagai pariwisata estate yang tengah dikembangkan, masing-masing, seperti pantai Liman Semau Kabupaten Kupang , Fatumnasi Kabupaten TTS, Wolwal Kabupaten Alor, Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao, Lamalera Kabupaten Lembata, Pramaidita Kabupaten Sumba Timur dan Koanara Kabupaten Ende,” tegasnya.

Baca juga  Tuan Rumah NTT Juara Umum API Award 2021,Gua ‘Hobbit’ Liang Bua Juara I Situs Bersejarah

Dihadiri 500an orang

Sementara itu Abed Frans selaku Wakil Ketua Panitia API Award 2021 menyampaikan kesiapan pihaknya dalam menyongsong ajang bergengsi itu.

Ia mengatakan bahwa laporan kesiapan pelaksanaan malam API Award 2021 sudah mencapai lebih dari 50 persen secara fisik. Ia pun menyebut total tamu yang akan hadir berkisar 540-560 orang.

“Yang sudah konfirmasi untuk hadir adalah Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly, Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, dan Menteri Kominfo, Johny Plate bersama Gubernur Riau, H. Syamsuar dan sejumlah undangan penting lainnya,” terang Frans.

Pihaknya juga berkomitmen untuk melakukan upaya promotif dan edukatif terkait Table Manner. Hal tersebut sebagai langkah meningkatkan kesadaran ASN dalam memajukan SDM pariwisata yang berkualitas. (Berto)

Tag: