Resmikan SMKN 3 Komodo, Gubernur NTT: Pendidikan Pariwisata Harus Lebih Berkembang

Gubernur Victor Laiskodat meresmikan SMKN 3 Komodo (Photo : Istimewa).

Floressmart- Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Victor Bungtilu Laiskodat meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 3) Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat 21 Mei 2021.

Dalam sambutannya Gubernur menekankan pentingnya pendidikan pariwisata untuk pengembangan industri pariwisata di NTT. Menurutnya, pendidikan pariwisata mesti menjadi tolak ukur yang kuat sehingga pendidikan yang ada didalamnya mampu menghasilkan manusia spiritual, intelektual serta memiliki jejaring nasional dan sehat.

“Kita bersyukur hari ini ada lembaga pendidikan yang gedungnya berdiri untuk sebuah syarat bagi generasi kita menemukenali jati dirinya melalui pendidikan. Karena itu kita mesti dorong dunia pendidikan pariwisata supaya jauh lebih berkembang,” kata Gubernur NTT dalam sambutannya.

Baca juga  Soal UN Sudah ada, 66 SMP di Manggarai Siap Laksanakan UN

Dikatakannya, pendidikan tidak menjadikan manusia seperti robot tetapi pendidikan menjadikan manusia mempunyao kompetensi, kemampuan analisis dan melek teknologi.

“Pendidikan pariwisata yang diharapkan harus mampu menghasilkan generasi yang memiliki spiritual, intelektual serta memiliki jejaring sosial dan sehat jasmaninya,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ciri khas manusia spiritual itu adalah manusia yang pantang menyerah, manusia berintelektual, manusia yang mampu berpikir cepat dan kritis dalam segala hal, mampu menganalisa serta memiliki jejaring sosial yang baik.

Baca juga  Wakil Bupati Manggarai Turun Tangan, Anak Penunggak Uang Komite di SDI Dongang Dibolehkan Ikut Ujian

“Ingatlah bahwa pariwisata itu abstrak dan imajinatif sehingga butuh manusia yang memiliki empat karakter tersebut, yakni spritual, intelektual, jejaring sosial dan sehat,” cetusnya.

Sementara itu Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi paada kesempatan yang sama mengatakan, sinergisitas pembangunan dan Pemerintah diperlukan untuk pengembangan sektor Pariwisata di Manggarai Barat  dengan memperkuat SDM.

“Kalau tahun ini Bapak Gubernur meresmikan SMKN 3 Komodo, kami yakin 4 tahun ke depan kita bisa melihat anak-anak Manggarai Barat mampu bersaing dan berkontribusi terhadap industri pariwisata di Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata Super Premium,” ungkap Bupati Endi.

Baca juga  Edi Endi : Kita Siap Dikritik

“Kita juga sadari, kewenangan sekolah menengah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi secara administrasi tetapi dalam pelaksanaannya mari kita sinergi dan koordinasi untuk kemajuan Manggarai Barat karena tujuan kita sama yaitu mewujudkan kesejahteraan,” ujarnya menambahkan.

Panitia Pembangunan SMKN 3 Komodo di Kecamatan Komodo, Stefanus Satu melaporkan sekolah tersebut dibangun karena adanya dukungan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten. Pembangunan gedung sekolah dilaksanakan sejak September 2020 dan selesai pada Desember 2020. (bd)

Tag: