Ponpes Pancasila Reo Sembelih Hewan Kurban, Dagingnya Juga Dibagi Ke Non Muslim

 

Penyebelihan hewan kurban di Pondok Pesantren (Ponpes) Pancasila Reo (Photo : Floressmart)

Floressmart- Pondok Pesantren (Ponpes) Pancasila Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, NTT menyembelih hewan kurban Idul Adha 1442 Hijriah, Rabu 21 Juli 2021.

Hewan kurban itu disembelih selama dua hari, masing-masing hari pertama 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing dan hari kedua 4 ekor sapi. Jadi jumlah keseluruhan sebanyak 13 ekor hewan kurban yang sudah disembelih.

Kegiatan penyembelihan itu dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari penyediaan alat cuci tangan, penyediaan masker dan pengaturan jarak per individu.

Penyembelihan hewan tersebut melibatkan para santri juga warga sekitar ponpes.

Pengasuh Ponpes Pancasila Reo, Ustad Jiyanto mengatakan bahwa penyembelihan hewan kurban tersebut baru dilaksanakan hari ini karena sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama RI nomor 16 tahun 2021 dan keputusan MUI Kabupaten Manggarai.

Baca juga  Panitia Hewan Kurban di Ruteng Bagikan 954 Kantong Daging

“Idul Adha nya memang sudah kemarin tanggal 20 Juli 2021. Tapi penyembelihan hewan kurbannya baru dilaksanakan hari ini sesuai Surat Edaran Menteri Agama RI nomor 16 tahun 2021 dan keputusan MUI Kabupaten Manggarai” kata Jiyanto kepada Floressmart di Ponpes Pancasila Reo, Rabu.

Surat Edaran tersebut, katanya lagi, bermaksud untuk memberi rasa nyaman kepada umat muslim di tengah pandemi Covid-19 dan munculnya varian baru yang belum terkendali.

Oleh karena itu perlu dilakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat sehingga hari raya Idul Adha sengaja dibuat terpisah dengan penyembelihan hewan qurban.

Demikian pun dalam pelaksanaan penyembelihan hewan juga dibentuk  kepanitiaan khusus yang diketuai oleh Guru Ponpes Pancasila Reo, Ustad Rubin.

Terkait pemberian hewan kurban, Jiyanto mengaku bahwa pihaknya menerima sumbangan dari Ikatan Keluarga Besar Pondok Modern Gontor cabang NTT dan Yayasan Toifah Kupang sebanyak 7 ekor hewan.

Baca juga  Idul Adha 1437 H, Panitia Sembelih 57 Hewan Kurban Di Ruteng

Tak hanya itu, pihaknya juga menerima sumbangan dari PLN Ranting Ruteng, Pertamina Reo dan Program Qurban Patungan bersama umat muslim di Reok dan sekitarnya.

“Jadi hewan yang disembelih hari ini merupakan sumbangan dari pihak-pihak itu dan beberapa program kurban patungan dari sesama kami sehingga kami pun melaksanakannya dengan penuh rasa tanggung jawab” ungkap Jiyanto.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa daging kurban yang disembelih itu akan didistribusikan ke seluruh umat muslim yang sebagiannya tersebar sampai ke Manggarai Timur.

“Dagingnya kita distribusikan sampai ke Pota Manggarai Timur, bahkan ada juga yang ke Reok Barat. Nanti pembagian lokasinya urusan panitia” tutur Jiyanto.

Tak hanya untuk umat muslim, kata Dia, daging kurban itu juga akan dibagikan ke umat non muslim di sekitar Ponpes Pancasila Reo yang juga membutuhkan.

Baca juga  Panitia Kurban di Ruteng Bagikan 864 Kantong Daging

“Umat non muslim di sekitar Pondok juga dapat daging kurban dan itu dilakukan hampir setiap tahun. Hal ini sebagai wujud sedekah terhadap sesama” tandas Jiyanto.

Ia pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih bagi para pekurban yang telah berpartisipasi dengan menyumbang hewan kurban untuk disembelih di Ponpes Pancasila Reo.

“Terima kasih bagi para pekurban atas kepercayaannya menyalurkan hewan qurban kepada Ponpes Pancasila Reo dan para calon penerima di Manggarai dan Manggarai Timur dan juga untuk para santri” ucap Jiyanto.

Pihaknya berharap agar amanah ini terus dilanjutkan di tahun-tahun mendatang dan Ponpes Pancasila Reo senantiasa mendoakan para pekurban agar apa yang sudah diberikan dapat diterima oleh Allah SWT sekaligus diberi rejeki yang berlimpah dan kesehatan di tengah pandemi Covid-19. (Berto Davids)

Tag: